Jakarta (ANTARA News) - PT Jasa Marga akan menyiapkan card reader mobile (pembaca kartu bergerak) di sejumlah pintu tol saat arus mudik dan balik Lebaran 2018 dalam upaya mempercepat pelayanan pembayaran pengemudi kendaraan bermotor.

"Kita siapkan lebih dari seratusan card reader mobile dan petugasnya untuk melayani dan mempercepat pembayaran di gerbang tol," kata Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Desi Arryani?kepada pers di Jakarta, Senin.

Hal itu disampaikan usai Apel Siaga Operasional Lebaran Tahun 2018 petugas Jasa Marga.

Menurutnya, pihaknya pada tahun ini akan terus melakukan perbaikan dan terobosan pelayanan pembayaran tol sehingga tidak ada lagi antrean panjang kendaraan bermotor.

Desi mengatakan keberadaan alat bergerak tersebut akan sangat banyak membantu menurunkan antrean panjang yang selama ini banyak dikeluhkan pengemudi.

Dikatakan pula upaya lain yang akan dilakukan Jasa Marga untuk mengurangi kemacetan adalah mengusulkan penghentian semua proyek pembangunan di jalan tol pada H-10 hingga H+10.

"Kita minta agar semua pembangunan proyek di jalan tol Jakarta-Cikampek dihentikan dan alat-alat berat disingkirkan dahulu," katanta.

Dia mengatakan, penghentian pembangunan proyek dan menyingkirkan alat berat akan banyak membantu mengurangi kemacetan parah yang selama ini terjadi.

Menurutnya, untuk mensukseskan kelancaran arus mudik dan balik, pihaknya, bekerjasama dengan kementerian dan instansi lain.

"Tahun lalu pelaksanaan arus mudik dan balik berjalan lancar dengan dukungan semua pihak. Tentunya tahun ini juga bisa lancar," katanya.

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018