Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pariwisata (Menpar) RI Arief Yahya mempromosikan pariwisata Indonesia dalam ajang Indonesia Festival (InaFest) di Shanghai Oriental Pearl Tower (OPT) pada 4-6 Mei 2018.

"Melalui kegiatan ini diharapkan ada penambahan daya jangkau dan daya penetrasi pada pasar baik untuk kepentingan perdagangan ekspor, menarik wisatawan mancanegara dan menarik penanaman modal asing di Indonesia," kata Menpar Arief Yahya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Ia menyatakan sangat serius menggarap pasar Tiongkok untuk meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara (wisman) demi pencapaian target 20 juta kunjungan wisman pada 2019.

Terlebih ia menilai masyarakat Tiongkok selama ini dikenal senang bepergian ke luar negeri, dengan catatan tahun lalu tingkat outbound wisatawan Tiongkok mencapai 130 juta orang.

"Kami menjadikan Tiongkok sebagai pasar utama untuk berpromosi dan menjalin kerja sama dengan para stakeholder.

Menpar hadir di booth Wonderful Indonesia dalam acara yang turut mempromosikan #AseanGamesKita dan melakukan beberapa interview media besar Tiongkok, seperti CCTV.

Beberapa kegiatan yang digelar di dalamnya di antaranya bazar produk ritel, makanan-minuman Indonesia, panggung seni dan budaya Indonesia. Selain itu, ada Mini Fashion Show, dan foto Komunitas Instameet Shanghai.

InaFest merupakan bagian dari rangkaian penyelenggaraan Indonesia Week (InaWeek) yang digagas oleh KJRI Shanghai dengan Indonesia Chamber (INACHAM).

Pameran Pariwisata, Produk, dan Budaya Indonesia ini diselenggarakan di Shanghai pada 4-13 Mei 2018. Konsep Indonesia Week 2018 adalah promosi, khususnya pariwisata.

"Selain pariwisata, Shanghai juga strategis sebagai investor di bidang lainnya. Sebab, kota megapolitan ini juga ikut mengendalikan perekonomian Tiongkok secara umum," katanya.

InaWeek 2018 juga menggelar pameran foto destinasi wisata dan Festival Kuliner. Khusus Festival Kuliner, event ini akan mempromosikan beragam makanan dan kopi Indonesia.

Pada rentang yang sama, digelar juga Batik Workshop and Exhibition, selain Fashion Show hingga Indonesia Goes to Campus.

Baca juga: Hujan tidak surutkan minat pengunjung Inafest Shanghai

 

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018