Bogor, Jabar (ANTARA News) - Pohon Kamper atau "Dryobalanops lanceolata" terpilih sebagai tumbuhan yang ditanam bersama oleh Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Tiongkok Li Keqiang di halaman belakang Istana Kepresidenan Bogor.

Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan itu menanam pohon kamper pada Senin sebagai tanda persahabatan kedua negara yang semakin tumbuh.

Jokowi dan Li usai melakukan upacara penyambutan kenegaraan melihat-lihat sekilas halaman belakang Istana Kepresidenan Bogor melalui beranda istana.

Sesudahnya, keduanya berjalan ke taman di istana itu dan menanam pohon kamper.

Hal menarik terjadi ketika penyiraman pohon dengan air yang ada di ember berwarna hijau. Usai menanam dengan beberapa cangkul tanah dan menyiram pohon menggunakan gayung air, Jokowi mengajak Li mencuci tangan.

Namun melihat air di dalam ember yang masih terisi setengah, PM Li mengajak Presiden Jokowi untuk menyiramkan semua air yang ada di ember.

PM Li mengangkat ember hijau itu dibantu oleh Presiden Jokowi dan keduanya menyiramkan air bersama langsung dari wadahnya disambut tawa.

Usai melakukan penyiraman, keduanya berjabatan tangan dan tersenyum kepada media.
 


Acara selanjutnya yang dilakukan oleh Presiden Jokowi dan PM Li yaitu pertemuan bilateral bersama delegasi dan pemerintah Indonesia di salah satu ruangan istana.

Menurut data dari Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor, pohon kamper adalah jenis tumbuhan tergolong dalam famili Dipterocarpaceae.

Kayu tanaman itu memiliki sifat kelas kuat II-(I) dan kelas awet III yang dapat dimanfaatkan untuk membuat perahu, serta tiang konstruksi atap bangunan rumah.

Kayu kamper juga memiliki nilai ekonomis lain yaitu sebagai bahan kapur barus dan getahnya juga dapat dimanfaatkan untuk keperluan medis dan kosmetik serta bahan kapur barus.

Penyebaran tumbuhan langka itu berada di Pulau Sumatera, dan Pulau Kalimantan.

Dengan manfaat yang begitu banyak dari pohon kamper, penanaman itu sepertinya menyimbolkan harapan kedua pemerintahan agar hubungan yang tumbuh pun semakin kuat dan saling menguntungkan di berbagai sektor kerja sama.
Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Li Keqiang melakukan penanaman pohon kamper di taman Istana Kepresidenan Bogor pada Senin (7/5/2018). Keduanya melakukan pertemuan bilateral membahas sejumlah sektor kerja sama. (Foto/video: Bayu Prasetyo)


Baca juga: Presiden Jokowi sambut kedatangan PM Li

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018