Surabaya (ANTARA News) - Seorang peserta tes Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dikeluarkan pengawas dari ruang ujian di Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya, Selasa karena tidak terdaftar dalam presensi SBMPTN.

Pengawas ruang ujian SBMPTN di Untag, Muhammad Ishaq Abdussalam mengatakan peserta itu atas nama Chris Lourentino Agungputrajaya sejak awal tidak ada nomor peserta ujian baik di presesnsi maupun nomor peserta yang tertempel di bangku.

"Saya khawatir kalau mungkin joki, makanya kami keluarkan dulu untuk diverifikasi panitia," kata Ishaq.

Namun setelah dia berkonsultasi dengan pihak panitia, maka diputuskan Chris bisa kembali ke ruang ujian dengan menambahkan catatan pada berita acara pengawas.

Sementera itu, Chris Lourentino Agungputrajaya yang mengaku siswa SMA Kristen Petra 1 Surabaya berdasarkan kartu peserta ujian mendapat ruang di ruang L509 Untag.

"Saya daftar daring seperti teman-teman saya, sampai halaman verifikasi saya sudah dapat lokasi ujian di Untag," ujarnya.

Chris menegaskan dia juga baru melihat ruangan ujian pada kartu peserta hari ini ketika ditanya pihak panitia. Setelah dikeluarkan dari ruangan dan diverifikasi di ruang sekretariat, pihak panitia memutuskan untuk mengembalikan peserta ke ruang ujian.

"Tambah grogi saya, tapi senang juga bisa masuk ruangan lagi," tuturnya.

Sebanyak 60.727 peserta mengikuti SBMPTN di panlok 50 tahun ini. Peserta tersebar di kampus swasta dan sekolah di sekitar lima PTN di Surabaya.

Baca juga: 4 peserta SBMPTN Unsoed mendapat perlakuan khusus

Pewarta: Indra Setiawan & Willy Irawan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018