Dia melewati beberapa tahun canggung untuk membuat orang di Monako menerimanya."
New York (ANTARA News) - Ketika menikahi Pangeran Harry dari Kerajaan Inggris pada pekan depan, Meghan Markle akan masuk dalam jajaran warga terkenal Amerika Serikat (AS) yang menjadi bangsawan kehidupan nyata sesudah bertahun-tahun, meskipun tidak semua kisah cinta mereka memiliki akhir layaknya di negeri dongeng.

Pertukaran sumpah pernikahan Markle dengan Pangeran Harry di Inggris, yang akan diadakan di Istana Windsor pada 19 Mei 2018, akan mengubah aktris kelahiran Los Angeles dan yang telah bercerai itu menjadi bangsawan.

Setelah itu, ia akan dikelilingi banyak wanita, yang melihatnya sebagai teladan sebagai bangsawan dan memiliki sejumlah aturan larangan.

Baca juga: Pangeran Harry - Meghan Markle pilih kereta kencana

Markle bisa jadi mengikuti jejak Putri Grace dari Monako, ujar John Lehman, mengenai saudara sepupunya. Grace Kelly adalah bintang Hollywood yang menikah dengan Pangeran Rainier III pada 1956, sehingga membuatnya menjadi Putri Grace di kerajaan kecil laut Tengah tersebut.

"Dia melewati beberapa tahun canggung untuk membuat orang di Monako menerimanya," kata Lehman kepada kantor berita Inggris.

Dengan giat belajar untuk mengatasi hambatan budaya di negara barunya, Putri Grace dengan cepat menguasai Bahasa Prancis dan merebut hati bangsawan serta rakyat jelata Monaco. Apalagi, setelah ia melahirkan putra mahkota Pangeran Albert yang kini menjadi raja. Dalam perjanjian utama Monaco termaktub akan kembali ke Prancis bila tidak memiliki ahli waris laki-laki.

"Tidak butuh waktu lama sebelum dia menjadi putri mereka," kata Lehman, mantan pemimpin angkatan laut AS. Ia sering mengunjungi Putri Grace di istananya sebelum puteri itu meninggal dalam kecelakaan mobil pada 1982. Dia sekarang menjadi ketua Princess Grace Foundation-USA, yang mendukung seniman baru.

Pendahulu kurang beruntung mungkin adalah sosialita Baltimore serta mantan istri Raja Inggris Edward VIII, Wallis Simpson. Raja tersebut turun tahta pada 1936 untuk menikahi Simpson.

Sejak awal, pejabat Inggris merasa tidak nyaman dengannya karena dia begitu blak-blakan, kata Anne Sebba, penulis buku "That Woman: The Life of Wallis Simpson Duchess of Windsor".

"Saya pikir masalah pada Wallis adalah bahwa dia bersikap kurang ajar. Dia akan masuk ke ruangan dan berkata, `Hai, Saya Wallis.` Dia memakai banyak perhiasan. Dia lebih senang berbicara tentang uang," catatnya.

Lain lagi dengan Ratu Noor dari Yordania, yang menikah dengan Raja Hussein sejak 1978 hingga kematiannya pada 1999, juga berasal dari AS.

Kemudian, Lee Radziwill, saudara perempuan dari mantan ibu negara AS, Jacqueline Kennedy, adalah sosialita Negeri aman Sam, yang pernikahannya dengan Pangeran Stanislaw Albrecht Radziwill dari Polandia berakhir dengan perceraian 15 tahun kemudian.

Dongeng dalam dunia nyata itu juga tidak berlaku untuk aktris AS, Rita Hayworth, yang pernikahannya pada 1949 dengan Pangeran Aly Khan dari Pakistan berakhir dengan perceraian pada 1953.

Baca juga: Daftar rakyat jelata yang menikahi anggota kerajaan

Pewarta: -
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2018