Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengklaim pengerajaan renovasi dan pembangunan arena-arena pertandingan serta nonpertandingan Asian Games 2018 sudah mencapai 93 persen.

"Perkembangan seluruh arena baik di DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Sumatera Selatan, mencapai 93 persen dan akan selesai paling akhir pada 30 Juni," kata Direktur Bina Penataan Bangunan Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Iwan Suprijanto di Jakarta, Rabu.

Iwan mengatakan pekerjaan arena perlombaan perahu kano cabang dayung di Bendung Rentang di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat akan selesai Mei ini, termasuk arena lomba jetski dan perahu layar di Ancol, Jakarta.

"Untuk arena cabang squash di komplek Gelora Bung Karno, progres pembangunan telah mencapai 40 persen. Komponen terbesar pembangunan adalah 'cubicle' yang akan datang pada Selasa (15/5)," kata Iwan.

Renovasi sejumlah stadion sepak bola di Jawa Barat yang akan dipakai dalam Asian Games seperti Stadion Pakansari dan Stadion Patriot, menurut Iwan, akan selesai akhir Mei nanti.

"Pengerjaan renovasi stadion sepak bola di Jawa Barat tinggal pencahayaan dan pemasangan kursi. Waktu pemasangan bisa mencapai dua pekan," kata dia.

Sementara, pengerjaan arena sepatu roda di Jakabaring, Palembang, sudah hampir 50 persen. "Federasi 'roller skate' juga menunggu di sana. Saya kira kerjasama itu luar biasa," kata Iwan.

Iwan mengatakan akses jalan menuju arena lomba balap sepeda BMX di Subang, Jawa Barat, akan dikerjakan oleh pemerintah daerah. "Mungkin mereka akan mengerjakan setelah Lebaran karena kalau sekarang jalan itu masih sering dilalui truk-truk pasir," kata dia.

Kementerian PUPR, menurut Iwan, juga akan segera menyelesaikan renovasi Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah sebelum Lebaran 2018. "Renovasi itu hanya tinggal bagian luarnya saja seperti gapura," tutup dia.

Lihat juga: Venue Asian Games selesai 98%

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018