Jambi (ANTARA News) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur bersama Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Kapolri Irjen Pol Bambang Sunarwibowo, Rabu (9/5), meninjau kesiapan Polda Jambi naik dari tipe B menjadi A.

MenPAN-RB dan rombongan melakukan kunjungan pertamanya ke gerai expo pelayanan publik Polda Jambi. Setelah peninjauan expo dilanjutkan dengan pengarahan dari Menpan-RB dan Asrena Kapolri kepada jajaran Polda Jambi.

Menpan RB Asman Abnur usai peninjauan mengatakan, Polda yang diusulkan untuk naik tipe harus melalui evaluasi yang dilakukan tidak secara bertahap.

Ia menjelaskan, evaluasi tidak hanya dilakukan hari itu saja namun dilakukan berdasarkan tahapan-tahapan yang baku dan menjadi syarat kenaikan tipe dari B menjadi A.

"Sebelumnya tim penilai juga sudah turun dan nanti nilai-nilai yang telah terkumpul akan disimpulkan sesuai dengan standar dan prosedur penilaian. Selanjutnya akan menjadi bahan pengambilan keputusan untuk dibahas dan dan memastikan kenaikan tipe dari B menjadi A, kata Asman yang didampingi Kapolda Jambi Brigjen Pol Muchlis AS dan Asrena Kapolri.

Terkait peluang Polda Jambi untuk bisa dinaikkan tipe dari B menjadi A, Asman enggan memberikan jawaban dan dia mengatakan mudah-mudahan pekan depan hasil evaluasi dan penilaian terhadap Polda Jambi terkait rencana kenaikan tipe sudah bisa disampaikan.

"Doakan saja, mudah-mudahan naik tipe menjadi A, nantinya akan dipimpin oleh perwira tinggi berpangkat bintang dua," kata Asman Abnur menambahkan.

Polda Jambi yang membawahi wilayah se-Provinsi Jambi yakni Polresta Jambi serta 10 Polres yakni Polres Muarojambi, Batanghari, Tanjabbar, Tanjabtim, Bungo, Sarolangun, Tebo, Bungo, Kerinci, Merangin dan Sungaipenuh.

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018