Madrid (ANTARA News) - Petenis Britania Kyle Edmund menikmati salah satu kesuksesan terbesar sepanjang kariernya dengan menaklukkan mantan petenis peringkat satu dunia Novak Djokovic dengan kemenangan 6-3, 2-6, 6-3 pada putaran kedua Madrid Terbuka pada Rabu.

Djokovic, juara dua kali di ibukota Spanyol, belum pernah memenani set penentuan pada tahun ini dan, setelah sebelumnya kalah di set terakhir dari Martin Klizan, Dominic Thiem, dan Taro Daniel, laju mengecewakan petenis Serbia 30 tahun itu terus berlanjut.

Edmund melakukan break menentukan pada gim kedelapan di set penentuan sebelum dengan tenang menyelesaikan service gamenya untuk kedudukan "love" untuk mencatatkan kemenangan ke-14nya tahun ini.

"Merupakan pengalaman hebat untuk menaklukkan Novak, ia merupakan legenda permainan ini," kata Edmund kepada Sky Sports. "Inilah saatnya untuk berusaha dan mengalahkan orang-orang ini, dan saya senang dengan cara saya memainkan permainan."

Petenis peringkat 22 dunia itu akan menghadapi unggulan kedelapan asal Belgia David Goffin pada putaran ketiga.

Djokovic, yang mengalami cedera siku jangka panjang, belum pernah mencapai delapan besar turnamen sejak Wimbledon tahun lalu.

Ia kesulitan saat kembali bermain di lapangan tanah liat menjelang Prancis Terbuka, setelah sebelumnya tersingkir lebih cepat di Monte Carlo dan Barcelona bulan lalu.

"Lihat, ada hal-hal nyata yang tidak bekerja dengan baik untuk saya," kata juara Grand Slam 12 kali itu.

"Namun saya harus terus memperbaikinya dan berdoa terhadap hal itu -- dan berharap bahwa permainan saya akan bertambah kuat, semakin baik seiring berlalunya pertandingan-pertandingan..."

Petenis peringkat satu dunia Rafa Nadal mencatatkan kemenangan beruntun ke-20nya di lapangan tanah liat ketika ia memulai perjuangannya untuk meraih gelar keenam di Madrid, menaklukkan petenis Prancis Gael Monfils dengan skor 6-3, 6-1.

Nadal, yang mendapatkan "bye" pada putaran pembukaan, melepaskan 17 pukulan winner dan hanya kalah satu kali dari 13 service point pada set kedua untuk mengunci kemenangan.

Petenis Spanyol 31 tahun itu kini telah memenangi 48 set secara beruntun di lapangan tanah liat, hanya tertinggal dua set untuk memecahkan rekor milik petenis AS John McEnroe yakni 49 kemenangan set secara beruntun di satu jenis lapangan pada 1984.

Baca juga: Djokovic taklukkan Nishikori pada pembukaan Madrid Terbuka 2018

Pewarta: -
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018