New York (ANTARA News) - Saham-saham di Wall Street menguat pada penutupan perdagangan Rabu (Kamis pagi WIB), karena para pelaku pasar terus mencerna keputusan Presiden AS Donald Trump untuk menarik diri dari kesepakatan nuklir Iran.

Indeks Dow Jones Industrial Average naik 182,33 poin atau 0,75 persen menjadi berakhir di 24.542,54 poin. Indeks S&P 500 bertambah 25,87 poin atau 0,97 persen, menjadi ditutup di 2.697,79 poin. Indeks Komposit Nasdaq berakhir 73,00 poin atau 1,00 persen lebih tinggi, menjadi 7.339,91 poin.

Dalam pidato yang disiarkan televisi pada Selasa (8/5), Trump mengumumkan keluar dari kesepakatan, menambahkan dia tidak akan menandatangani pelepasan sanksi-sanksi terkait nuklir terhadap Iran.

Beberapa analis mengatakan keputusan Trump dapat mengirim harga minyak lebih tinggi, yang akan berdampak pada pendapatan perusahaan.

Harga minyak melonjak pada Rabu (9/5) setelah keputusan Trump, dengan minyak mentah AS (WTI) dan minyak mentah Brent melompat di atas tiga persen.

Baca juga: Harga minyak naik setelah AS keluar dari kesepakatan nuklir Iran
Baca juga: Buntut AS keluar dari pakta nuklir Iran, harga minyak melambung


Terangkat oleh kenaikan harga minyak, saham-saham sektor energi melonjak 2,03 persen merupakan pencetak kemajuan terbesar di antara sebelas sektor S&P 500.

Di sisi ekonomi, Indeks Harga Produsen (PPI) untuk permintaan akhir naik 0,1 persen pada April, disesuaikan secara musiman, gagal memenuhi konsensus pasar untuk kenaikan 0,3 persen, Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan pada Rabu (9/5).

Dalam berita perusahaan, saham Walt Disney, komponen Dow, turun 1,79 persen menjadi 99,97 dolar AS per saham pada Rabu (9/5), sekalipun setelah perusahaan melaporkan laba kuartalan yang lebih baik dari perkiraan.

Baca juga: Dolar AS melemah di tengah data ekonomi terbaru

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018