Jakarta (ANTARA News) - Apple mengevaluasi ulang aplikasi-aplikasi yang masuk ke pasar App Store yang membagikan data pengguna ke penyedia ketiga dengan memanfaatkan lokasi.

Apple, seperti dilansir dari laman Phone Arena, menambahkan aturan bahwa pengembang harus memberitahukan pengguna alasan pengguna perlu memberikan data dan lokasi mereka.

Lokasi hanya diperbolehkan jika berkaitan dengan performa dan pengalaman pengguna memakai aplikasi tersebut.

“Anda tidak boleh menggunakan atau membagikan data pribadi seseorang tanpa izin mereka terlebih dulu dan menyediakan akses informasi bagaimana dan di mana data akan digunakan. Data yang dikumpulkan dari aplikasi tidak boleh digunakan atau dibagikan dengan penyedia ketiga untuk tujuan yang tidak berkaitan dengan memperbaiki pengalaman pengguna atau performa perangkat lunak/keras yang tersambung dengan fungsi aplikasi,” demikian bunyi pemberitahuan tersebut.

Langkah Apple, yang terkenal cukup vokal mengenai data pengguna, hadir ditengah-tengah skandal data Facebook dan Cambridge Analytica, serta kebijakan perlindungan data pengguna di Eropa yang akan segera berlaku.
 

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018