Jakarta (ANTARA News) - Terkadang, tangan Anda sendiri bisa menjadi petunjuk tentang kesehatan Anda. Telapak tangan, tekstur kulit, kuku jari, kelenjar keringat, dan pigmen dapat membantu memprediksi potensi kondisi Anda.

Berikut adalah tujuh tanda diantaranya:

1. Fungsi tiroid

Jari yang bengkak dan tangan dingin mungkin tanda hipotiroidisme, tiroid yang kurang aktif. Masalah kesehatan ini antara lain memunculkan tanda seperti kulit memerah atau kulit kering di tangan Anda.

2. Masalah nutrisi

Anda mengalami masalah kuku yang rapuh?  Kuku yang rapuh dapat menandakan terjadinya defisiensi zinc, vitamin A, vitamin C, atau biotin. Ini juga bisa menjadi salah satu tanda hipokalsemia yaitu kalsium rendah.

3. Hiperhidrosis

Sebagian dari kita berkeringat di telapak tangan ketika berolahraga atau mengalami kecemasan yang tinggi. Tapi kelenjar keringat yang terlalu aktif, bisa juga menjadi sebagai salah satu gejala hiperhidrosis.

"Biasanya memiliki komponen genetik, dimulai pada masa kanak-kanak atau dewasa muda, dan tidak terjadi pada malam hari," kata Dr Gary Goldenberg, seorang profesor dermatologi di Sekolah Kedokteran Icahn di Mount Sinai. .

4. Kondisi jantung

Kekuatan cengkeraman dapat mengungkapkan seberapa sehat jantung Anda dan bahkan mengukur risiko Anda menderita serangan jantung atau stroke.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kekuatan cengkeraman dapat menjadi cara menilai usia biologis, juga mencatat bahwa kekuatan otot yang lebih lemah dapat membuat seseorang lebih sulit bertahan dari masalah medis kronis.

5. Parkinson

Tangan yang bergetar ketika sedang beristirahat dan tidak melakukan aktivitas apa pun dapat menjadi tanda penyakit Parkinson. Ini berbeda dengan gemetar yang dialami kebanyakan orang karena stres, asupan kafein, atau ketika menggunakan tangan mereka untuk aktivitas.

"Bergetar dalam penyakit Parkinson sering disebut 'pil bergulir' karena itu seperti menggulirkan pil kecil di antara ibu jari Anda dan sisi jari telunjuk Anda," jelas Dr Gathline Etienne, seorang ahli saraf di Piedmont Healthcare di Georgia.

6. Masalah oksigen

Anemia adalah suatu kondisi yang saat rendahnya tingkat sel darah merah sehat sehingga menurunkan kemampuan untuk membawa oksigen yang cukup ke jaringan Anda. Tangan dan kuku yang pucat mungkin tanda-tanda anemia, menurut Dr. Jack Jacoub, seorang ahli onkologi medis di Orange Coast Memorial Medical Center di California.

7. Eksim

Apakah tangan Anda kasar dan rentan terhadap gatal dan ruam, meskipun telah menggunakan? Dokter kulit mungkin dapat menentukan apakah Anda memiliki kondisi kulit yang disebut eksim.

Menurut American Academy of Dermatology, eksim di tangan juga dapat menyebabkan lecet, retakan yang menyakitkan, sensasi terbakar dan kulit berdarah. Demikian seperti dilansir Medical Daily.

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018