Banjarmasin (ANTARA News) - Kebaktian umat Kristiani dalam rangkaian mengenang atau memperingati kenaikan Isa Al Masih di Banjarmasin dan daerah sekitar di Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2018 berjalan aman dan lancar.

Pewarta Antara Kalimantan Selatan (Kalsel) di Banjarmasin, Kamis melaporkan, kebaktian yang bergantian atau secara bergilir sejak pagi hingga sore hari di ibukota provinsi tersebut dan daerah sekitar berjalan aman dan lancar.

Sebagai contoh kebaktian pada Gereja Katolik Jalan Lambung Mangkurat, serta Gereja Hurea Kristen Batak Protestas (HKBP) Jalan Pangeran Samudera Banjarmasin.

Selain itu, kebaktian pada Gereja Kalimantan Evangeles (GKE) Jalan DI Panjaitan, serta Gereja Pantikosta Jalan veteran Banjarmasin, kesemuanya berjalan aman dan lancar.

Begitu pula kebaktian pada gereja dekat Markas Batalyon A Brigade Mobil (Brimob) di Gontong Payung Banjarbaru (33 kilometer utara Banjarmasin) yang berada di tepi jalan raya/Jalan A Yani.

Pengamanan dari aparat tidak ekstra ketetat dengan mengerahkan personalia jumlah banyak serta berpakaian seragam, cukup menggunakan sistem pengamanan dalam (tanpa berpakain seragam).

Pasalnya Banjarmasin atau Kalsel secara umum tergolong daerah yang kondusif bila dibandingkan dengan beberapa provinsi lain di Indonesia, hal itu atas partisipasi serta kerja sama semua pihak/lapisan masyarakat.

Di Banjarmasin terdapat delapan gereja tersebar di Jalan Lambung Mangkurat, Pangeran Samudera, S Parman, Pulau Laut, DI Panjaitan dan Jalan AS Musaffa masing-masing satu buah, kemudian di Jalan Veteran dua buah.

Sementara dari 13 kabupaten/kota di Kalsel ada empat di antaranya tidak terdapat gereja yaitu Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Balangan, Barito Kuala (Batola), dan Kabupaten Banjar.

Kalsel yang luas wilayahnya sekitar 3,7 juta hektare kini berpenduduk empat juta lebih dengan mayoritas Muslim tersebar pada 13 kabupaten/kota.

Pewarta: Sukarli
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018