Jakarta (ANTARA News) - Tujuh wakil Indonesia berhasil melaju ke perempat final turnamen bulu tangkis Australia Terbuka 2018 usai meraih hasil positif di putaran dua kejuaraan yang dihelat di Quay Center Olympic Park, Sydney, Kamis.

Berdasarkan laman Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) yang dipantau di Jakarta, tujuh wakil Indonesia yang berhasil melaju ke delapan besar turnamen berlevel Super 300 tersebut berasal dari lima nomor dengan rincian dua pasangan ganda putra serta tuggal putra dan satu perwakilan di nomor tunggal putri, ganda putri, juga ganda campuran.

Pada nomor ganda putra, Indonesia mengirimkan dua wakilnya ke fase delapan besar melalui Berry Angriawan/Hardianto dan Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira/Ade Yusuf.

Berry/Hardianto yang merupakan unggulan pertama, berhasil menaklukkan pasangan asal Thailand, Pakin Kuna-Anuvit/Natthapat Trinkajee dengan skor 21-17, 21-17. Sementara itu, Wahyu/Ade yang didapuk jadi unggulan dua, berhasil mengandaskan wakil tuan rumah, Jonathan Sun/Yu Zhang dengan skor 21-14, 21-5.

Di nomor tunggal putra, dua pemain yang melaju ke perempat final adalah dua pemain non-pelatnas yakni Tommy Sugiarto dan Sony Dwi Kuncoro.

Tommy melangkah ke perempat final usai menundukkan wakil Jepang, Yu Igarashi, dengan skor 21-12, 21-19. Sementara, Sony sukses memenangkan laga kontra wakil Malaysia, Yee Han Chong, dengan skor 8-21, 21-17, 21-18.

Dari nomor ganda putri, satu wakil Indonesia di perempat final adalah pasangan pelatnas Rosyita Eka Putri Sari/Yulfira Barkah yang berhasil menundukkan pasangan Australia, Lee Yen Khoo/Ann-Louise Slee, dengan skor 21-9, 21-16.

Pada nomor ganda campuran, Yantoni Edy Saputra/Marsheilla Gischa Islami, menjadi wakil Indonesia di delapan besar usai menyingkirkan wakil Israel, Misha Zilberman/Ksenia Polikarpova, dengan skor 21-15, 21-12.

Sedangkan di nomor tunggal putri, Indonesia menyisakan satu wakilnya yakni pemain pelatnas Yulia Yosephine Susanto untuk melaju ke perempat final usai menghentikan perlawanan kompatriotnya, Jesica Muljati, dengan skor 21-13, 21-14.

Sejatinya ada 14 wakil Indonesia di putaran dua turnamen berhadiah total 150 ribu dolar AS ini, namun tujuh wakil lainnya harus tersingkir dari Sydney lebih awal.

Selain Jesica Muljati, Lyanny Alessandra Mainaky (tunggal putri); Sabar Karyaman Gutama/Frengky Wijaya Putra (ganda putra); Panji Ahmad Maulana (tunggal putra); Anggia Shitta Awanda/Meirisa Cindy Sahputri (ganda putri); Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja dan Ricky Karanda Suwardi/Debby Susanto (ganda campuran), harus puas langkahnya di Sydney hanya sampai putaran kedua.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018