Jakarta (ANTARA News) - Aksi Bebaskan Baitul Maqdis pada Jumat memicu kepadatan lalu lintas kendaraan di jalan raya yang berada di sekitar Monumen Nasional (Monas), Jakarta, yang menjadi unjuk untuk memprotes rencana pemindahan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem menyusul keputusan Presiden Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Meski padat, lalu lintas kendaraan masih ramai lancar di jalan raya sekitar Masjid Istiqlal, Jalan Kebon Sirih satu arah, dan Medan Merdeka Timur.

Ujung jalan Medan Merdeka Timur yang berpotongan dengan Jalan Medan Merdeka Selatan ditutup pagar lawat berduri dan dijaga polisi sehingga kendaraan tidak dapat melintasi jalan tersebut.

Walau selama aksi polisi menutup Jalan Medan Merdeka Selatan, bus TransJakarta relasi Pulogadung 1 - Harmoni tetap beroperasi mengangkut penumpang.

Di sekitar area Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, mobil-mobil polisi tampak diparkir.

Sementara massa peserta aksi terus berdatangan menuju Monas, sebagian besar mengenakan pakaian serba putih dan beberapa dari mereka membawa atribut bertulisan dua kalimat syahadat dan aneka aksesoris ikonik Palestina.

Baca juga: Kedubes AS di Jakarta tutup layanan paspor dan visa
 

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018