Banjarbaru (ANTARA News) - Penerbangan sejumlah pesawat di Bandar Udara Syamsudin Noor Banjarmasin, Kalimantan Selatan, tidak terdampak letusan Gunung Merapi yang sempat menimbulkan hujan abu vulkanik.

Communication and Legal Section Head Bandara Syamsudin Noor Aditya Putra Patria di Kota Banjarbaru, Jumat mengatakan, penerbangan tetap berjalan normal sesuai jadwal.

"Operasional penerbangan di Bandara Syamsudin Noor tujuan Yogyakarta dan sebaliknya normal dan lancar, tidak ada gangguan akibat letusan Gunung Merapi yang terjadi Jumat pagi," ujarnya.

Ia mengatakan, meski pun jadwal penerbangan normal, tetapi langkah-langkah antisipasi tetap dilakukan yakni memantau perkembangan terkini agar bisa cepat mengantisipasi.

Dijelaskan, perkembangan terkini diketahui melalui pemberitahuan resmi yang disampaikan bandara bersangkutan kemudian diteruskan ke bandara tujuan yang mengambil langkah antisipasi.

"Jadi kami memantau terus setiap perkembangan jika terjadi bencana dan begitu ada pemberitahuan maka segera disampaikan kepada maskapai dan pihak terkait di lingkup bandara," jelasnya.

Dikatakan, penerbangan yang terkait langsung dengan Bandara Syamsudin Noor adalah tujuan Bandara Adi Sucipto Yogyakarta dan Bandara Ahmad Yani Semarang maupun sebaliknya.

Disebutkan, ada empat penerbangan berangkat dan datang melalui Bandara Syamsudin Noor tujuan dua bandara itu yakni Lion Air nomor penerbangan JT521 BDJ-JOG pukul 06.25 Wita.

"Penerbangan pagi dari Syamsudin Noor tujuan Adi Sucipto Yogyakarta batal karena penutupan bandara tujuan akibat hujan abu sehingga penerbangan itu dibatalkan," ujarnya.

Sementara, tiga penerbangan lainnya yakni dari Yogyakarta menuju Syamsudin Noor JT522 JOG-BDJ pukul 13.35 Wita yang mengangkut 214 orang penumpang tiba sesuai jadwal.

"Dua penerbangan dari Banjarmasin tujuan Semarang JT543 pukul 14.15 Wita dan sebaliknya Lion Air JT542 Semarang-Banjarmasin pukul 17.25 Wita berjalan normal dan lancar," katanya.

Pewarta: Yose Rizal
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018