Jakarta (ANTARA News) - Berikut lima berita pada Sabtu (12/5) yang masih layak Anda simak:

Presiden minta penanganan napi kasus terorisme dievaluasi

Presiden Joko Widodo mengatakan harus ada evaluasi total penanganan narapidana dalam perkara terorisme supaya kerusuhan seperti yang terjadi di rumah tahanan Markas Komando (Mako) Brimob di Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, tidak terulang.

"Ya harus ada evaluasi total, harus ada koreksi, baik mengenai penjaranya, apakah perlu di markas atau di luar markas, apakah pemeriksaan apa dilakukan di tempat seperti di Mako itu kan di tempat, akan menjadi sebuah evaluasi untuk Polri agar kejadian itu tidak terulang kembali," kata Presiden usai bermain bola basket bersama para atlet pelajar peserta Dream Basketball League (DBL) di halaman belakang Istana Bogor, Sabtu.

Kepala Polri Jenderal Polisi Tito Karnavian sebelumnya juga mengemukakan kebutuhan untuk mengevaluasi kelayakan Rumah Tahanan Mako Brimob Kelapa Dua untuk menampung narapidana kasus terorisme.

Jenazah intel korban serangan di kawasan Mako Brimob dibawa ke Alor

Jenazah Bripka Marhum Prenctje, anggota intel yang menjadi korban serangan di kawasan Mako Brimob Kelapa Dua di Depok, Jawa Barat, dibawa ke daerah asalnya di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur.

Jenazah Bripka Marhum tiba di bandara El Tari Kupang, Kota Kupang, Sabtu pagi, diantar oleh istri dan tiga anaknya serta kerabatnya yang berada di Jakarta. Di area kargo Bandara El Tari, anggota Brimob Polda NTT dan Polres Kupang Kota menyambut kedatangan jenazahnya.

Adik kandung korban, Sarifuddin Prenctje, mengatakan jenazah Bripka Marhum akan langsung dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Malua Galiau Batu Nirwala, Desa Petleng, Kecamatan Alor Tengah Utara, Kabupaten Alor.


Napi teroris pindahan Mako Brimob belum boleh dikunjungi

Napi kasus terorisme yang baru dipindah dari Rutan Mako Brimob ke lembaga pemasyarakatan di Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, belum boleh dikunjungi keluarga, kata Direktur Jenderal Pemasyarakatan Sri Puguh Budi Utami.

"Untuk sementara belum boleh dikunjungi. Sekarang sedang dalam asesmen akhir," katanya di Dermaga Wijayapura, Cilacap, Sabtu siang, usai mengecek sejumlah lapas di Pulau Nusakambangan yang ditempati napi-napi kasus terorisme pindahan dari Rutan Brimob.

Ia mengatakan napi-napi pindahan tersebut saat ini ditempatkan di tiga lembaga pemasyarakatan Pulau Nusakambangan, yakni Lapas Batu, Lapas Pasir Putih, dan Lapas Besi.


Dicekal, Najib Razak batal berlibur ke Indonesia

Mantan Perdana Menteri Malaysia Mohd Najib Tun Razak batal berkunjung ke Indonesia setelah pihak imigrasi Malaysia melarangnya.

Menurut informasi yang dihimpun Antara pada Sabtu pagi dari akun Najib di laman media sosial Twitter menyebutkan Departemen Imigrasi melarang dia bepergian ke luar negeri.

"Saya telah dimaklumkan bahawa Jabatan Imigresen Malaysia tidak membenarkan saya dan keluarga ke luar negara," demikian Najib dalam cuitan Twitter-nya.

Najib juga menyatakan dirinya akan menghormati arahan tersebut untuk tetap berada di Malaysia.


Kopi Indonesia favorit Juara World Brewers Cup 2016

Biji kopi Indonesia juga diakui kualitasnya oleh Tetsu Kasuya, juara World Brewers Cup 2016.

Tetsu bercerita dia kerap menyeduh minuman dari biji kopi Indonesia untuk pelanggan kafe Coffee Factory tempatnya bekerja di Negeri Sakura.

“Yang dipakai biasanya biji kopi Mandailing, orang-orang suka sekali karena ada rasa  manisnya,” ujar Tetsu di pembukaan Hario Cafe di Pluit, Jakarta Utara, Sabtu.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018