Paus terdampar berhasil dikembalikan ke laut

Paus terdampar berhasil dikembalikan ke laut

Ilustrasi. ( ANTARA /Irwansyah Putra)

Kupang (ANTARA News) - Paus berkepala melon (Peponocephala Electra) yang terdampar sejak pukul 11.30 Wita pada Sabtu (12/5) kemarin sudah berhasil dikembalikan ke laut oleh warga dan petugas terkait, kata Kepala Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional (BKKPN) Kupang Ikram Sangadji, Minggu.

"Kami bekerja sama dengan warga berhasil mengembalikannya ke laut pada pukul 16.30 Wita," katanya ketika dikonfirmasi Antara soal terdamparnya paus berkepala melon di pesisir pantai Oesapa pada Sabtu (12/5) kemarin di Kupang, Minggu.

Ikram menjelaskan hasil pengamatan morfologi menyebutkan terdapat luka pada bagian mata sebelah kiri dan terlihat membengkak selain itu juga ada luka di perut bagian kiri dengan diameter 5 sentimeter (cm).

Selain itu, terlihat juga bercak putih terduga morbilivirus di sekitar badan sehingga dapat dikatakan bahwa paus tersebut dalam kondisi sakit akibat luka pada bagian tubuhnya.

Baca juga: Paus jenis kepala melon terdampar di Kupang

Paus yang pada awalnya dikira lumba-lomba tersebut terlihat oleh nelayan berenang-renang di pesisir pantai. Lalu nelayan setempat berusaha mengembalikannya ke laut dengan cara mendorong. Namun usaha mengembalikan ke laut dalam itu sia-sia karena selama empat jam lebih paus itu selalu kembali ke pesisir.

"Paus berenang dengan agak sedikit miring ke kanan. Diduga karena adanya luka di sebelah kiri badan dekat ekornya," tambah Ikram.

Setelah tim dari Balai Sumber Daya Pesisir dan Laut datang bersama tim dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam dan BKKPN berdatangan upaya mendorong paus itu juga terus dilakukan.

Staf dari Balai Sumber Daya Pesisir Laut Wilayah Jawa Timur, Bali, NTT dan NTB Puput Yuniarti menduga luka di badan paus itu Akibat ditombak oleh nelayan yanh tak bertanggung jawab.

"Selain itu juga terdamparnya mamalia itu karena tertinggal jauh dari kawanannya," tambahnya.

Untuk diketahui Ikan paus berkepala melon merupakan lumba-lumba dari keluarga cetacean atau mamalia meskipun namanya ikan paus kepala melon tapi ikan paus ini adalah lumba-lumba dari keluarga cetacean.

Ikan paus kepala melon tersebar luas di seluruh perairan tropis dunia, meskipun tidak sering terlihat oleh manusia karena lebih memilih hidup diair yang dalam.

Pewarta: Kornelis Aloysius Ileama Kaha
Editor: Monalisa
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Membusuk di pantai Balikpapan, paus raksasa akhirnya dibakar

Komentar