Malang (ANTARA News) - Arema FC gagal keluar dari zona degradasi Liga 1 2018 setelah bermain imbang 1-1 menjamu tamunya PSM Makassar di Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Kabupaten Malang, Minggu.

Arema FC yang sejak awal menargetkan meraih poin sempurna dengan minimal tiga gol, gagal mewujudkannya karena harus puas berbagai angka 1-1 dengan tamunya PSM Makassar.

Gol PSM Makassar yang membobol gawang Arema yang dikawal Joko Ribowo dilesakkan Mark Anthony Klock pada menit ke-74. Sementara gol balasan Arema yang menjebol gawang Rivky Mokodompit dilesakkan Thiago Furtuoso pada menit ke-77.

Sejak "kic off" babak pertama, Arema yang bermain di depan pendukungnya mengambil inisiatif menyerang dan langsung menekan pertahanan PSM Makassar dari berbagai posisi.

Serangan beruntun itu membuahkan hasil pada menit ke-11, Arema FC mendapatkan peluang melalui tendangan bebas sedikit dari luar kotak penalti, namun Furtuosso menyia-nyiakan peluang itu karena tendangan menyusur tanahnya masih dengan mudah diblok pemain-pemain PSM.

Arema FC kembali mengancam gawang Rivky melalui tendangan keras Thiago Furtuoso di menit ke21. Tapi tendangan kerasnya dari jarak dekat masih bisa ditepis oleh kiper Rivky Mokodompit dan hanya menghasilkan tendangan sudut.

Hingga menit ke 40, Arema terus mengurung pertahanan PSM Makassar. Tapi mereka masih sulit mencetak gol karena peluang-peluang yang mereka dapat berhasil dipatahkan oleh pemain-pemain PSM yang hampir semuanya turun membentengi pertahanan.

Jika Arema terus menekan dan menyerang lini pertahanan PSM, justru sebaliknya, PSM Makassar hanya mengandalkan serangan balik sepanjang babak pertama. Mereka terlalu buru-buru saat melakukan serangan balik, sehingga dengan mudah diantisipasi oleh lini pertahanan Arema.

Memasuki babak kedua, pertandingan berjalan menarik. Kedua tim mulai "jual beli" serangan dan saling menekan. PSM Makassar yang lebih banyak ditekan pada babak pertama, justru lebih dominan mengendalikan permainan pada paruh babak kedua.

Usaha keras PSM akhirnya membuahkan hasil. Pada menit ke-74, tim berjuluk Juku Eja itu berhasil memimpin lebih dulu melalui gol yang dicetak oleh Mark Anthony Klock meneruskan umpan terukur yang disodorkan Guy Junior. Dan skor pun berubah menjadi 0-1.

Namun, keunggulan PSM tak bertahan lama. Arema FC berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui gol Thiago Furtuoso di menit ke-77. Dan, 10 menit menjelang berakhirnya pertandingan, kedua tim saling serang dan salin menekan, tapi ada gol tambahan yang tercipta hingga peluit akhir berbunyi. Kedua tim pun harus puas dengan hasil imbang 1-1.

Hasil imbang 1-1 tersebut, membuat Arema semakin jauh dari keinginan ingin segera keluar dari zona degradasi, karena tim berjuluk Singo Edan itu masih tetap berada di posisi dasar klasemen dengan raihan 6 poin dari 7 kali bertanding. Satu-satunya kemenangan Arema, ketika menjamu Persipura Jayapura beberapa waktu lalu.

Baca juga: PSM kehilangan lima bek hadapi tuan rumah Arema

Baca juga: Nasib pelatih Arema FC ditentukan setelah melawan PSM

Baca juga: Persebaya tundukkan Arema FC di pekan ke-7

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018