Jakarta (ANTARA News) - Manchester City membukukan rekor dengan mencetak 100 poin dalam satu musim seusai menutup kompetisi Liga Premier I Inggris dengan kemenangan 1-0 atas Southampton di St Mary's Stadium, Minggu.

Kendati kalah 0-1, Southampton dipastikan selamat dari jeratan degradasi karena menempati posisi 17 menyusul kekalahan Swansea atas Stoke City dengan skor 1-2.

The Citizen yang sudah memastikan gelar juara Liga Inggris pada bulan lalu, melewati catatan 95 poin yang dihasilkan Chelsea pada musim 2004-2005. Pasukan Pep Guardiola itu juga tampil subur karena mencetak 106 gol sepanjang kompetisi ini.

Tidak hanya itu, Manchester City pun jauh mengungguli Manchester United yang menduduki peringkat kedua dengan selisih 19 poin.

Gol tunggal kemenangan Manchester City dicetak striker Brasil, Gabriel Jesus, yang menuntaskan umpan Kevin De Bruyne pada menit 90.

Berkat gol itu, Kevin De Bruyne menjadi pemuncak daftar pencetak assist (umpan berbuah gol) Liga Inggris musim ini sebanyak 16 umpan. Sedangkan gelar pencetak gol terbanyak diamankan Striker Liverpool asal Mesir, Mohamed Salah, dengan torehan 32 gol, demikian Premier League.

Baca: Cardiff promosi ke Liga Premier Inggris

Baca: Swansea terdegradasi usai menyerah 1-2 dari Stoke

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018