Jakarta (ANTARA News) - Google memperkenalkan inisiatif "kesejahteraan digital" di mana pengguna dapat melacak waktu yang dihabiskan di perangkat dengan perincian setiap aplikasi.

Inisiasi tersebut akan dihadirkan dalam Android P, di mana pengguna bahkan akan mendapat informasi seberapa sering mereka membuka kunci ponsel. Tak perlu menunggu waktu lama bagi YouTube karena Google telah mewujudkan inisiasi tersebut dalam aplikasi YouTube.

Dilansir dari GSM Arena, YouTube menghadirkan fitur "Remind me to take a break" untuk mengingatkan pengguna beristirahat. Opsi tersebut telah hadir di bagian "Pengaturan" di dalam opsi "Umum" dalam aplikasi Android.
Tampilan fitur baru YouTube yang dapat mengingatkan pengguna untuk beristirahat di aplikasi YouTube perangkat Apple, iPhone. (ANTARA News/Arindra Meodia)


Dari pantauan Antaranews, Senin pagi, opsi tersebut nampaknya belum hadir di perangkat Android. Namun, opsi tersebut telah tersedia di ponsel Apple, iPhone. Terdapat pilihan pengingat istirahat setiap 15 menit, 30 menit, 60 menit, 90 menit dan 180 menit.

Setelah Anda mencapai batas yang telah Anda tentukan, YouTube akan mengingatkan Anda untuk istirahat dan fokus pada tugas harian Anda. Fitur ini tidak akan menutup aplikasi atau menghentikan sementara video, namun pilihan akhir ada pada Anda apakah Anda akan beristirahat atau atau lanjut menonton video.
 

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018