Jakarta (ANTARA News) - Ayah Meghan Markle tidak akan menghadiri pernikahan kerajaan untuk mengantar putrinya menuju altar pernikahan setelah muncul berita dirinya berkolaborasi dengan paparazzi dalam sejumlah foto.

Thomas Markle (73) mengatakan dia tidak akan datang ke pernikahan putrinya dengan Pangeran Harry pada Sabtu mendatang, di mana dia seharusnya menjadi pendukung putrinya.

Thomas berkata pada laman Amerika TMX bahwa dia menderita serangan jantung enam hari lalu, tapi dia sudah keluar rumah sakit dan berniat terbang ke Inggris.

Dia batal berkunjung ke negara itu untuk menemui calon menantunya Pangeran Harry, kata dia, atau bertemu dengan Ratu, Pangeran Philip, Prince of Wales, Duchess of Cornwall dan Duke dan Duchess of Cambridge.

Keputusan tak lazim itu menimbulkan pertanyaan apakah ibu Meghan, Doria Ragland, akan menggantikan Thomas mengiringi putrinya ke altar pernikahan, atau apakah Meghan akan ditemani oleh anggota keluarga kerajaan atau justru memilih sendirian.

Istana Kensington tidak mengonfirmasi bahwa Thomas Markle tidak akan datang ke pernikahan, tapi mengeluarkan pernyataan untuk memahami situasi saat ini.

Dikutip Telegraph, seorang juru bicara berkata: "Ini adalah momen yang sangat personal untuk Nona Markle menjelang pernikahannya. Dia dan Pangeran Harry meminta pengertian juga untuk Tuan Markle dalam situasi yang sulit ini."

Wajar bila Meghan Markle merasa tertekan dan sangat khawatir tentang ayahnya, yang kesulitan menerima pusat perhatian karena pertunangan putrinya dengan seorang pangeran.

Kini Meghan didukung oleh Pangeran Harry di saat Meghan memikirkan bagaimana pernikahannya berjalan tanpa ayahnya.

Asisten kerajaan, yang telah membantu Thomas Markle menghadapi media, sebelumnya telah mengekspresikan perhatian tentang tekanan yang dia hadapi.

TMZ, situs gosip selebritas, mengutip Thomas, dia tidak bermaksud buruk terhadap Meghan atau Pangeran Harry atas tindakannya mengatur sesi foto dengan agensi paparazzi.

Dia mengklaim alasan melakukannya bukan karena uang, tapi untuk memperbaiki kesannya setelah ada foto-fotonya yang kurang bagus tersebar. 

"Dia kini memutuskan untuk tidak pergi (ke pernikahan) karena tidak mau mempermalukan keluarga kerajaan atau putrinya," lapor TMZ.

Beberapa jam sebelumnya, saudari tiri Meghan Markle mengklaim dirinya bertanggungjawab atas sesi foto paparazzi kontroversial untuk ayahnya.

Samantha Grant, yang tak lagi berhubungan dengan Meghan, mengatakan dia yang menyarankan ayahnya untuk membuat foto-foto "positif" "demi keluarga kerajaan".

Yang terjadi justru kebalikannya, foto-foto itu membuat malu, memperlihatkan Thomas sedang diam-diam bekerjasama dengan paparazzi, meski Kensington Palace berkali-kali mengatakan Thomas tidak ingin bersentuhan dengan media.

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018