Jakarta (ANTARA News) - Pernikahan putrinya hanya tinggal hitungan hari, tapi ayah Meghan Markle mendadak mengumumkan dirinya takkan menghadiri pernikahan kerajaan pada 19 Mei mendatang.

Thomas Markle, ayah Meghan, terlibat skandal akhir pekan ini setelah terungkap dirinya berkonspirasi dengan fotografer paparazzi untuk menciptakan beberapa foto jelang hari bahagia Meghan. 

Dalam foto itu, yang tersebar di publikasi seluruh dunia, terlihat Thomas sedang membaca buku tentang Great Britain, melihat galeri foto online Meghan dan Pangeran Harry serta mengepas setelan jas pernikahan.

Akibatnya, Thomas mengatakan pada TMZ bahwa dia tidak lagi berniat menghadiri pernikahan, agar tidak lagi ada hal yang mempermalukan Meghan dan keluarga kerajaan. Awalnya Thomas akan mengiringi putrinya ke altar pernikahan pada akhir pekan ini, seperti dikutip People.

Jika Thomas tidak datang, siapa yang akan mengantar Meghan ke altar? 

1. Ibunya, Doria Ragland

Pilihan paling jelas adalah ibu Meghan, Doria Raglan. Meghan dekat dengan ibunya, dan dia sudah mengenal Harry sejak setahun terakhir. Ketika Meghan dan Harry diwawancara saat pertunangan mereka, Harry mengatakan Doria "luar biasa". Doria juga ada ketika pasangan itu menghadiri upacara penutupan Invictus Games pada September 2017.

Doria diperkirakan akan menemani putrinya naik mobil ke kapel St.George dari Hotel Cliveden House, tempat dia dan Meghan akan menginap sehari sebelum pernikahan. Ketika tiba di kapel, seharusnya Meghan disambut ayahnya yang akan mengiringinya ke altar pernikahan. Karena Thomas takkan datang, mungkin Doria yang akan menggantikannya mengiringi putri mereka ke altar.

2. Calon mertua, Pangeran Charles

Jika ayah Meghan tidak hadir, mungkin ayah mertuanya bisa menggantikan. Charles tidak punya tugas resmi selama pernikahan, dan dia serta istrinya Camilla, Duchess of Cornwall sejak pertunangan sudah bersuka cita menerima Meghan sebagai bagian dari keluarga. Dia juga menjadi tuan rumah untuk resepsi pernikahan pasangan itu di Frogmore House.

3. Calon kakek, Pangeran Philip

Meghan bisa meminta tolong pada pria kerajaan dari generasi berbeda, Pangeran Philip. Tapi meskipun Meghan memintanya, Pangeran Philip sepertinya tidak bisa melakukannya. Mengingat operasi pinggul yang baru dilakukan Pangeran Philip, kecil kemungkinan dia bisa berjalan jauh (110 langkah) ke altar kapel St.George. 

4. Calon kakak ipar, Pangeran William

Suami Kate Middleton ini juga bisa jadi kandidat orang yang mengantar Meghan ke altar. Hal yang serupa pernah terjadi, ketika Puteri Margaret menikahi Antony Armstrong-Jones pada 1960, kakak iparnya Pangeran Philip mengantarnya ke altar karena ayahnya, Raja George VI, telah wafat pada 1952. Meski demikian, William adalah pendamping Harry, jadi dia mungkin sibuk pada hari itu dan akan berada di samping Harry jelang pergantian status adiknya menjadi seorang suami.

5. Sendirian

Mungkin salah satu pilihan yang paling sesuai untuk Meghan adalah berjalan sendirian di kapel St. George. Meghan sudah lama bicara tentang kemandirian. Ini akan memperlihatkan kekuatannya dalam mempersiapkan diri bergabung ke salah satu keluarga paling terkenal di dunia.

Baca juga: Meghan Markle hadapi situasi sulit karena ayahnya batal ke pernikahan

Baca juga: Suvenir pernikahan kerajaan Inggris laris manis di Los Angeles

 

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018