Tahun ini kami sediakan 300 beasiswa bagi perawat yang bekerja di jaringan Siloam Hospitals....Beasiswa ini pun sangat mempengaruhi jenjang karir. Jadi, silahkan berkompetisi untuk mendapatkan beasiswa ini."
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Dewan Pengurus Pusat Bidang Informasi Komunikasi Persatuan Perawat Nasional Indonesia (DPP Infokom PPNI) Rohman menyorot soal pendidikan perawat sebagai hal utama dalam mendongkrak kesejahteraan profesi perawat. 

Menurut Rohman, tanpa penambahan kualitas mutu pendidikan, bisa dipastikan kesejahteraan profesi perawat akan berjalan ditempat. Karenanya, PPNI hingga satu tahun terakhir giat mengadakan pelatihan.

"Peningkatan kesejahteraan tidak akan terjadi jika ilmu dan mutu pendidikan  perawat tidak ditingkatkan. Mengingat teknologi layanan kesehatan terus berkembang. Akan kesejahteraan perawat, kami berupaya dengan mengadakan pelatihan penelitian, pelatihan analisis dan bagaimana cara membuat laporan. Hal ini penting karena profesi perawat merupakan ujung tombak terdepan dari pelayanan rumah sakit, " kata Rohman dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Dikatakan Rohman, PPNI sangat mengapresiasi institusi kesehatan yang menyediakan beasiswa pendidikan bagi para perawat. Selain sesuai amanat UU Perawat No. 38 Tahun 2014, pendidikan beasiswa dapat membantu institusi tersebut dalam peningkatan layanannya.

"Pemberian pendidikan bagi perawat merupakan hal wajib dari institusi kesehatan yang memiliki karyawan berprofesi perawat. Misalnya, saya ambil contoh rumah sakit Siloam, setiap tahun institusi tersebut menyediakan beasiswa pendidikan bagi para perawat. Akan hal itu, kami sangat memberi apresiasi, " sebut Rohman.

Sebelumnya dalam perayaan hari perawat internasional yang dirayakan setiap 12 Mei, Wakil Presiden Direktur Siloam Hospitals Group, Caroline Riady menyatakan pihaknya tahun 2018 ini membuka program pendidikan beasiswa perawat sebanyak 300 kursi.
 
Menurut Caroline, pengadaan beasiswa perawat diperlukan mengingat terjadinya peningkatan pasien dari seluruh jaringan rumah sakit Siloam. Pesatnya teknologi kesehatan salah satu faktor pendukung akan adanya beasiswa perawat tersebut. 

"Tahun ini kami sediakan 300 beasiswa bagi perawat yang bekerja di jaringan Siloam Hospitals. Dari beasiswa pendidikan ini, kami harapkan adanya peningkatan mutu layanan dan penguasaan teknologi kesehatan. Beasiswa ini pun sangat mempengaruhi jenjang karir. Jadi, silahkan berkompetisi untuk mendapatkan beasiswa ini," katanya.

Mengacu pada data PPNI melalui Munas Di Palembang tahun 2016, hingga saat ini PPNI mencatat terdapat 990.000 perawat Indonesia yang bekerja di seluruh institusi kesehatan nasional dan swasta. 

Dari jumlah tersebut, PPNI memiliki 470.000 anggota. Adapun, jumlah perawat yang bekerja di jaringan rumah sakit Siloam terdapat sekitar 3.000 perawat yang tersebar di 33 rumah sakit Siloam.

Pewarta: Tasrief Tarmizi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018