Tempat anti-mainstream di Jakarta ini jadi alternatif destinasi wisata

Tempat anti-mainstream di Jakarta ini jadi alternatif destinasi wisata

Pedagang Musiman Souvenir Imlek Seorang anak bermain lampion yang dijual di kawasan Petak Sembilan, Jakarta Barat, Selasa (27/1). Walaupun perayaan Imlek sekitar 20 hari lagi namun pedagang musiman yang menjual souvenir untuk perayaan tersebut mulai menggelar barang dagangannya dengan harga jual berkisar Rp5 ribu hingga Rp500 ribu per unit. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Jakarta (ANTARA News) - Ketika mencari rekomendasi tempat wisata untuk dikunjungi selama berlibur di Jakarta, Anda mungkin mendapatkan opsi yang sama. Meskipun tempat-tempat tersebut menawarkan keunikannya tersendiri, mengunjungi tempat yang sama secara terus-menerus tentunya sedikit membosankan.

Bagi Anda yang mencari tempat wisata anti-mainstream di Jakarta, ada beberapa opsi yang layak untuk diperhitungkan. Selain unik, tempat-tempat ini dijamin dapat memberikan pengalaman liburan yang baru dan mengesankan. Berikut ulasannya.

Petak Sembilan, Kawasan Pecinan Glodok
Berada di pusat kota, tepatnya di bilangan Glodok, Petak Sembilan menghadirkan suasana meriah dan hiruk-pikuk khas pecinan, serta petualangan kuliner yang menggugah selera.

Toko-toko bergaya klasik dan lampion-lampion cantik menghiasi kawasan ini. Aroma dupa akan tercium ketika Anda menyusuri jalan-jalan di kawasan ini.

Jangan lupa untuk mengunjungi kompleks Vihara Dharma Bhakti yang megah. Setelah itu, akhiri petualangan di Petak Sembilan dengan menikmati wisata kuliner di Gang Gloria.

Museum Perumusan Naskah Proklamasi
Pengunjung berada di dekat patung Soekarno, Mohammad Hatta, dan Ahmad Soebardjo di ruang pengesahan naskah Proklamasi di Museum Perumusan Naskah Proklamasi di Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Jumat (20/4/2018). Tempat perumusan naskah Proklamasi yang kini menjadi museum Perumusan Naskah Proklamasi tersebut dulunya merupakan kediaman seorang perwira Jepang Laksamana Muda Tadashi Maeda. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)


Objek wisata ini pun masih berada di pusat kota. Berdiri megah di Jalan Imam Bonjol nomor 1, Menteng, museum berdesain arsitektur kolonial Belanda ini menjadi saksi perumusan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Digunakan pada awalnya sebagai kediaman Laksamana Maeda, museum ini menyimpan koleksi furnitur dan benda-benda yang berkaitan dengan proses perumusan naskah, seperti meja rapat, piano, pulpen, dan kursi tamu.

Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk
Ingin menikmati udara segara? Hutang Mangrove Pantai Indah Kapuk dapat menjadi pilihan tempat wisata anti-mainstream di Jakarta yang layak untuk disambangi.

Berlokasi di bilangan Penjaringan, Jakarta Utara, objek wisata seluas 99 hektare ini akan membawa Anda lebih dekat dengan alam sambil menikmati kecantikan alam yang tidak bisa ditemui di pusat kota.

Platform kayu dan jembatan gantung dengan latar belakang hutan bakau dapat menjadi objek foto yang Instagrammable Selain itu, di kawasan ini Anda juga bisa mengelilingi kawasan perairan dengan berperahu.

Taman Menteng
JAKARTA, 16/12 - RUANG TERBUKA HIJAU. Sejumlah orang berjalan di Taman Menteng, Jakarta, Rabu (16/12). Pemerintah DKI Jakarta akan berupaya untuk menambah jumlah ruang tebuka hijau (RTH) hingga mencapai target 30 persen pada tahun 2030, sebagai respon terhadap kondisi alam di Jakarta yang diperkirakan makin rawan bencana pada tahun-tahun mendatang. FOTO ANTARA/Widodo S. Jusuf/ed/pd/09.


Meskipun sudah cukup terkenal di kalangan warga Jakarta, Taman Menteng tetap menjadi objek wisata yang menarik. Berada di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, taman seluas 30 hektare ini dapat menjadi tempat rekreasi murah meriah, terutama bagi Anda yang berlibur bersama keluarga.

Taman Menteng menyimpan sekitar 30 spesies tanaman yang berbeda. Selain itu, taman ini dilengkapi dengan trek joging, lapangan basket, dan arena bermain anak-anak.

Di malam hari, stan-stan makanan dan minuman akan membawa Anda menikmati petualangan kuliner yang mengasyikkan.

Museum MACAN
Pameran Yayoi Kusama: Life is the Heart of a Rainbow di Museum MACAN Jakarta (ANTARA News/ Nanien Yuniar)


Terbilang cukup baru, Museum Modern and Contemporary Art in Nusantara bertempat di bilangan Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Museum yang dikenal pula sebagai Museum Macan ini memiliki luas sebesar 4.000 meter persegi dan menampilkan karya-karya seni modern dan kontemporer, baik karya lokal maupun internasional.

Tidak hanya lukisan, museum ini juga menghadirkan patung dan instalasi yang menakjubkan. Selain menampilkan koleksi karya seni, Museum MACAN memiliki children’s art space bagi pengunjung anak-anak.

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia
Berlibur tidak harus selalu berkunjung ke tempat-tempat wisata. Berlokasi di Jalan Salemba nomor 28A, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dapat menjadi destinasi yang tepat jika Anda ingin menikmati liburan edukatif.

Perpustakaan setinggi 130 meter ini merupakan perpustakaan tertinggi di dunia dan menyimpan berbagai koleksi bacaan dan film-film berkualitas. Selain itu, dari executive lounge, Anda bisa menikmati pemandangan kawasan di sekitar perpustakaan dari ketinggian 24 lantai.

Itulah pilihan tempat wisata anti-mainstream yang layak untuk dikunjungi ketika Anda berlibur di Jakarta. Ingin mencari hotel di Jakarta yang murah dan nyaman? Airy Rooms menghadirkan akomodasi berkualitas, tentunya dengan harga yang terjangkau.

Sebagai jaringan hotel terbesar, Airy menawarkan tempat tidur yang bersih, bathroom amenities, air minum, dan shower air hangat untuk menunjang kebutuhan Anda.

Selain itu, kunjungan akan terasa lebih lengkap dengan hadirnya TV, AC, dan jaringan WiFi yang cepat dan tentunya akan membuat Anda merasa sangat nyaman berada di Airy Rooms. Pemesanan pun dapat dilakukan melalui situs dan aplikasi, dengan pilihan pembayaran yang beragam

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar