Ternate (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara menggandeng PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) membuka akses internet di 77 desa yang tersebar di kabupaten itu.

"Untuk kepentingan akses jaringan guna meningkatkan reformasi birokrasi dengan menggunakan website atau aplikasi, sehingga permudah keterjangkauan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan, pendidikan, e-planning dan e-budgeting di 15 kecamatan tersebut," kata Sekkab Halsel, Helmi Surya Botutihe di Ternate, Kamis.

Dia menyatakan, dalam rangka untuk internet pedesaan, dimana secara geografis wilayah Halsel ini merupakan wilayah kepulauan dan hubungan satu desa dengan desa yang lain tidak dapat dihubungkan kecuali menggunakan peralatan telekomunikasi.

"Kita mempunyai banyak masalah, salah satunya pendidikan sehingga dibutuhkan keterjangkauan dari aspek telekomunikasi untuk bisa memantau sampai ke satuan-satuan pendidikan yang ada di seluruh wilayah di Halsel," katanya.

Oleh karena itu, kunci untuk memastikan kegiatan belajar mengajar bisa lebih efektif yaitu dengan cara seperti ini dan tentunya bisa mendapatkan solusi terkait akses jaringan ke desa-desa.

Helmi berharap dengan adanya PT PSN dengan program Gelar sinyalku bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat secara cepat, tepat dan lebih baik lagi dari sisi pelaporan dan pelayanan dengan menggunakan jaringan internet.

Sementara itu, Sales Manager PT PSN Hidayat ketika dihubungi menyatakan, saat ini PT PSN melakukan program "Gelar Sinyalku" di seluruh wilayah Malut, khususnya Halmahera Selatan.

"Dari survei yang telah dilakukan kita mendapatkan 77 desa yang punya potensi, apabila kita memasang internet di desa tersebut, dimana dari desa tersebut ada yang sudah ada sinyal, ada yang belum dan ada juga yang hanya bisa telpon," katanya.

Hidayat menambahkan kita akan memasang akses internet via satelit ke desa tersebut sehingga tidak memerlukan jaringan GSM atau jaringan telpon dan menjadi salah satu program PT.PSN yaitu Gelar Sinyalku yang dilakukan untuk menggelar akses internet menggunakan wifi dan perangkat Ubiqu sinyalku tanpa dibebani biaya perangkat.

Perlu diketahui, PT PSN merupakan perusahaan satelit pertama di Indonesia yang didirikan 1991 dengan pengalaman lebih dari 26 tahun dan salah satu dari tiga operator satelit di Indonesia selain Telkom dan Indosat.

Baca juga: Kemkominfo targetkan 500 desa broadband terpadu

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018