Negara, Bali (ANTARA News) - Kapal Motor Penumpang Labitra Adinda terbakar di Selat Bali, saat berlayar dari Pelabuhan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana menuju Pelabuhan Ketapang, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur, Kamis.

Terbakarnya kapal saat masuk ke perairan Pelabuhan Ketapang, Rabu sore ini tidak menimbulkan korban jiwa, namun sedikitnya satu unit mobil ikut terbakar, serta membuat penumpang dan anak buah kapal panik.

"Seluruh penumpang dan anak buah kapal selamat. Masih dilakukan penyelidikan penyebab kebakaran," kata Kepala Koordinator Pos Pencarian Dan Pertolongan SAR Jembrana Komang Sudiarsa, yang ikut ke lokasi.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, KMP Labitra Adinda berangkat dari Pelabuhan Gilimanuk pukul 14.05 wita dengan membawa 30 penumpang, 12 ABK, lima unit truk besar, lima unit truk kecil, satu unit mobil pribadi dan dua unit sepeda motor.

Sekitar 40 menit setelah berlayar atau mendekati Pelabuhan Ketapang, muncul api dari mesin bagian kapal yang dinahkodai Singgih A ini.

Mobil pribadi yang berada dekat mesin tersebut langsung tersambar api, dan dengan cepat kebakaran membesar menyebabkan ABK dan penumpang panik.

KMP Karya Maritim II yang berada di dekat KMP Labitra Adinda langsung mendekat dan melakukan evakuasi terhadap penumpang serta ABK, lalu menarik kapal naas tersebut ke pantai untuk dikandaskan.

Tidak berapa lama tim gabungan dari TNI AL, Polisi Air dan SAR baik dari arah Pelabuhan Ketapang maupun Gilimanuk berdatangan ke lokasi untuk memadamkan api.

"Api cukup besar sehingga membutuhkan waktu untuk dipadamkan. Informasinya api memang berasal dari salah satu mesin," kata Sudiarsa.
Petugas berusaha memadamkan api yang membakar KMP Labitra Adinda di Selat Bali, Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (17/5/2018). KMP Labritra Adinda yang berlayar dari pelabuhan Gilimanuk, Bali menuju Pelabuhan Ketapang di Banyuwangi terbakar di Selat Bali. Seluruh penumpang berhasil diselamatkan. (ANTARA FOTO/Budi Candra Setya)

Pewarta: Gembong Ismadi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018