SMI berencana terbitkan "green bond" Rp1 triliun

SMI berencana terbitkan "green bond" Rp1 triliun

Arsip: Forum IDB 2017 Wakil Presiden Jusuf Kalla (tengah) didampingi Menteri Keuangan, Sri Mulyani (kedua kiri), Gubernur Bali, Made Mangku Pastika (kiri), Presiden IDB, Bandar Bin Mummad Hamzah Hajjar (kedua kanan) dan Direktur Utama PT Sarana Multi Infrastruktur, Emma Sri Martini memukul kendang saat pembukaan pertemuan forum bank-bank pembangunan Islam atau The3rd Islamic Development Bank (IDB) Member Countries Sovereign Investments Forum di Nusa Dua, Bali, Senin (10/4/2017). Pertemuan yang digelar selama tiga hari tersebut diikuti oleh 57 negara dengan salah satu agenda pembahasan yakni pembiayaan syariah untuk mendukung pembangunan infrastruktur di Indonesia. (ANTARA /Wira Suryantala)

Jakarta (ANTARA News) - PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) sebagai lembaga pembiayaan berencana menerbitkan obligasi berwawasan lingkungan atau "green bond" Rp1 triliun pada pertengahan 2018.

Direktur Utama PT SMI Emma Sri Martini dalam temu media di Jakarta, Kamis malam, menjelaskan bahwa penerbitan "green bond" tersebut merupakan wujud dukungan percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia tanpa mengesampingkan keberlanjutan lingkungan dan sosial.

Green bond bertujuan mendorong keberlanjutan dan pengembangan proyek infrastruktur yang masih dalam tahap awal, khususnya ditujukan bagi proyek yang mengedepankan efisiensi energi, pencegahan polusi, dan budidaya teknologi ramah lingkungan.

Emma menjelaskan beberapa proyek sudah tersertifikasi sebagai proyek hijau, diantaranya proyek irigasi, bendungan, energi terbarukan, dan transportasi berwawasan lingkungan yang mereduksi emisi.

"Jadi kalau dari komitmen portofolio, kami sangat komprehensif tidak hanya teori tetapi juga dalam tataran implementasi proyek kami memastikan ESG (environmental, social and corporate governance) diaplikasikan di lapangan," kata dia.

PT SMI saat ini masih menunggu izin efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait penerbitan "green bond" berdenominasi rupiah. Izin tersebut ditargetkan selesai sebelum akhir Juni 2018 dengan skema penawaran umum berkelanjutan (PUB) Rp3 triliun.

Lembaga jasa keuangan yang dipilih untuk menjadi mitra PT SMI dalam penerbitan "green bond" yaitu Danareksa, CIMB Sekuritas Indonesia, Maybank Sekuritas, dan Indopremier.

PT SMI juga berencana akan menerbitkan sukuk senilai Rp1 triliun untuk mendampingi "green bond" tersebut. Izin sukuk tersebut juga dengan skema PUB Rp3 triliun.
 

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar