Palembang (ANTARA News) - Kota Palembang mengandalkan 14 destinasi wisata menyambut Asian Games XVIII, 18 Agustus-2 September 2018, untuk mencapai target 2,5 juta wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata Palembang Isnaini Madani di Palembang, Jumat, mengatakan, target ini cukup relevan karena di tahun 2017 kunjungan wisatawan sudah mencapai 2.001.567 orang untuk wisatawan nusantara dan 9.850 orang wisatawan asing.

"Kami berharap di tahun ini kunjungan wisatawan mancanegara juga ikut meningkat, karena akan banyak yang datang baik ofisial, atlet, dan lain sebagainya. Apalagi saat ini ada tambahan destinasi baru," kata Isnaini.

Ia menyebutkan ke-14 destinasi wisata tersebut antara lain Alquran Akbar, Bukit Siguntang, BKB, Kampung Kapitan, Kampung Al Munawar, Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya dan Pulau Kemaro. 

Kemudian, Taman Makam dan Monkey Forest Bagus Kuning, Museum SMB II, Kawah Tengkurep, Museum Bala Putra Dewa, Pedestrian Soedirman, serta Lorong Basah Night Culinary Market.

Selain 14 destinasi wisata itu, Pemkot Palembang juga menyajikan tempat wisatawan dapat berswafoto seperti Sekanak Bersolek, Kampung Mural Gudang Boen Tjit, Ampera Skate Park, Kampung Musi Bercorak.

"Sebenarnya total destinasi di Palembang ada 64, tapi kami kerucutkan menjadi 14 sehingga lebih fokus dan tepat sasaran," kata dia.

Untuk mempromosikan destinasi wisata itu, pemkot menggandeng Asosiasi Travel Agen (ASITA), media sosial, Himpunan Pariwisata Indonesia (HPI), dan lainnya.

"Asian Games menjadi peluang untuk meningkatkan sektor pariwisata. Seperti yang dikatakan Menteri Pariwisata, berapa besar biaya pelaksaaan Asian Games maka sebesar itulah biaya promosi Palembang," kata dia.

Sementara itu, Indonesia menargetkan 17 juta orang wisatawan asing pada 2018 memanfaatkan momen Asian Games. Pada periode Januari-Maret 2018 diketahui telah berjumlah 3,67 juta orang atau naik 14,87 persen dibandingkan periode yang sama 2017.

Tahun lalu total wisatawan manca negara 14,04 juta orang atau lebih rendah dari target 15 juta orang karena erupsi Gunung Agung, Bali.

Baca juga: Palembang promosi Asian Games di ITB Berlin

Baca juga: Artikel Asian Games - Event Internasional yang juga promosikan wisata Sumsel

Baca juga: Babel tawarkan paket wisata bagi peserta Asian Games

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018