Kapolda Jambi: Situasi relatif aman dan kondusif

Kapolda Jambi: Situasi relatif aman dan kondusif

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jambi Brigadir Jenderal Polisi Muchlis AS. (antarajambi.com)

Saya berharap kita semua yang hadir, menyatakan sikap dan komitmen untuk tidak takut terhadap terorisme ..."
Jambi (ANTARA News) - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jambi Brigadir Jenderal Polisi Muchlis AS menyatakan pasca-serangan bom dan kantor polisi yang dilakukan terduga teroris di beberapa kota, maka situasi untuk Provinsi Jambi relatif aman sekaligus cukup kondusif dan  diharapkannya terus terjaga.

Kepolisian Daerah (Polda) Jambi, Jumat, menggelar tatap muka dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), tokoh agama, masyarakat, adat dan tokoh pemuda, guna mewujudkan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat  (kamtibmas) di Provinsi Jambi.

Usai acara tersebut Kapolda Jambi menjelaskan, sampai saat ini situasi kamtibmas di wilayah kerjanya cukup aman dan kondusif serta diharapkan dapat terus terjaga.

Muchlis AS mengatakan, situasi kamtibmas akhir-akhir ini mendapat perhatian yang lebih dari masyarakat lantaran adanya kerusuhan di Lapas Brimob di Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, hingga teror bom di Surabaya dan aksi teroris di Polda Riau.

Terkait hal itu, Muchlis mengatakan pihaknya berharap agar Provinsi Jambi tetap menjadi wilayah yang aman dan jauh dari sasaran teroris dan menjadi tanggung jawab semua pihak dalam menanggulangi ancaman teroris.

Selain itu juga, Polda Jambi mengajak semua pihak untuk tidak takut terhadap terorisme.

"Saya berharap kita semua yang hadir, menyatakan sikap dan komitmen untuk tidak takut terhadap terorisme, serta mendukung Pilkada damai dan anti ujaran kebencian," demikian Brigjen Pol Muchlis AS.

Sementara itu, Komandan Komando Rayon Militer (Danrem) 042/Garuda Putih (Gapu) Kolonel Inf Dany Budyanto mengatakan, pihaknya siap bersinergi dengan kepolisian dalam rangka pengamanan kewilayahan dan menurutnya dengan kondisi yang terjadi akhir-akhir ini, pengamanan memang perlu ditingkatkan agar tidak kebobolan.

"Kami dari Korem siap membantu tugas pengamanan dan tidak masalah berlebihan dalam keamanan, dari pada nanti kita malah kebobolan," kata ujarnya.

Adapun Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Jambi, Mukti, mengatakan bahwa secara umum situasi kamtibmas di Jambi saat ini relatif kondusif, namun demikian bukan berarti tidak ada potensi ancaman atau permasalahan.

"Sekarang bagaimana kita menyikapinya, potensi tersebut tidak berkembang menjadi ancaman nyata dan setiap potensi keamanan yang ada tidak bisa hanya diatasi oleh satu instansi saja, untuk itu perlu ada komunikasi dari semua pihak," katanya menambahkan.

Pada acara tatap muka tersebut dihadiri pula Plt Gubernur Jambi yang diwakili Staf Ahli, Forkopimda Provinsi Jambi dan Kota Jambi, MUI, FKUB, serta berbagai organisasi kemasyarakatan (ormas).

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar