Jakarta (ANTARA News) - Duta Besar RI untuk Sudan, Rossalis Rusman Adenan menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden Republik Sudan, Omar Hassan Ahmad Al Bashir, di Istana Alqasr Elgamharry Khartoum, Sudan.

Keterangan pers dari KBRI Khartoum yang diterima di Jakarta, Sabtu, menyebutkan bahwa sebelum menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden Sudan, Dubes RI menerima penghormatan dan mendengarkan lagu kebangsaan kedua negara.

Dubes RI menjadi dubes pertama di antara dubes negara-negara lain yang menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden Sudan. Hal itu merupakan penghormatan pemerintah Sudan kepada Indonesia sebagai cermin kedekatan hubungan kedua negara.

Dubes Rossalis diperkenalkan kepada para pejabat tinggi Kemlu Sudan dan pejabat Istana Presiden Sudan. Kemudian Dubes Rossalis menyerahkan langsung surat kepercayaan kepada Presiden Sudan, dan keduanya membahas beberapa isu bilateral yang menjadi kepentingan Indonesia dan Sudan.

Untuk menindaklanjuti hasil pembicaraan antara Dubes RI dengan Presiden Sudan, KBRI Khartoum akan mendorong pelaksanaan Pertemuan Konsultasi Bilateral Sudan-Indonesia yang sudah tertunda sejak tiga tahun terakhir.

Selain itu, terkait dengan upaya mendorong kerja sama ekonomi dan perdagangan kedua negara, KBRI Khartoum juga akan berupaya untuk dapat segera merealisasikan rencana pembentukan Forum Bisnis Indonesia-Sudan, yang akan dilakukan pada saat penyelenggaraan pertemuan konsultasi bilateral mendatang.

Baca juga: Dubes : Sudan ajak pengusaha dalam pertambangan emas

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018