Jakarta (ANTARA News) - Pangeran Harry akan memakai cincin pernikahannya dengan Meghan Markle bahkan hingga selesai acara sakral berlangsung- sesuatu yang tidak semua pria bangsawan lakukan.

Cincin pernikahan yang dikenakan oleh pengantin kerajaan secara tradisional terbuat dari Welsh Gold. Tetapi sangat sedikit pria di kerajaan memilih untuk mengenakan cincin kawin setelah pernikahan mereka. 

Ketika Duke of Cambridge menikah, dia mengikuti jejak kakeknya Duke of Edinburgh dan pamannya, Duke of York yang sama-sama memilih untuk tidak memakai simbol perkawinan.

Pengantin kerajaan diberi cincin kawin yang terbuat dari bungkal emas dari tambang Clogau St David di Bontddu di Wales utara, dan Meghan diharapkan mengikuti tradisi tersebut.

Saat upacara Giving Of The Rings di St George's Chapel, Harry dan Markle akan bertukar cincin, setelah mendengar Archbishop of Canterbury yang menggambarkan perhiasan sebagai "simbol cinta dan kesetiaan tak berujung" dan pengingat janji mereka.

Meghan akan pertama kali menerima cincinnya dari Harry, dan Harry lalu berkata: "Meghan, saya memberikan cincin ini sebagai tanda pernikahan kita". 

Ketika Harry menerima cincinnya dari Meghan, maka cincin akan ditempatkan di jari tengah tangan kirinya. Pertukaran cincin akan terlihat sebagai titik kesetaraan hubungan pasangan.

Cincin nikah Duchess of Cambridge, terbuat dari emas polos, yang dibuat pemegang surat wasiat kerajaan Wartski, sementara cincin dari nugget emas Welsh diberikan kepada William oleh neneknya, Ratu Elizabeth sebagai hadiah untuk menandai pernikahannya di tahun 2011.

Kebiasaan orang-orang mengenakan cincin kawin diyakini dimulai selama Perang Dunia Kedua ketika para prajurit menginginkan kenang-kenangan untuk mengingatkan mereka tentang pasangan mereka di  rumah.

Popularitas kebiasaan ini meningkat ketika beberapa dekade berlalu dan pria yang mengenakan perhiasan dikatakan lebih modis. 

Berbeda dengan pria kerajaan lainnya, Pangeran Wales mengenakan cincin kawin, di jari kelingking tangan kirinya.

The Queen Mother memulai tradisi cincin pernikahan kerajaan yang terbuat dari emas Welsh ketika ia menikah pada tahun 1923.

Satu bungkal emas digunakan untuk membuat cincin pernikahan Ibu Suri, Ratu pada tahun 1947, Princess Margaret pada tahun 1960, Princess Royal pada tahun 1973 dan Diana, Princess of Wales pada tahun 1981.
Emas berasal dari tambang Clogau St David. 

Pada bulan November 1981, Legiun Kerajaan Inggris mempersembahkan pada Ratu potongan 36-karat (1.3oz) dari emas 21-carat Welsh untuk cincin pernikahan kerajaan masa depan.

Cincin kawin Duchess of Cornwall juga dibuat dari emas Welsh dari tambang Clogau St David dan sungai Mawddach di Hutan Raja. Itu buatan tangan dan logam mulia dipasok oleh Cambrian Goldfields Limited,demikian dilansir Mirror.

Baca juga: 31 fakta tentang Pangeran Harry yang belum diketahui

Baca juga: Harry dan Meghan libatkan keluarga mendiang Putri Diana saat pernikahan

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018