Jakarta (ANTARA News) - Mantan Presiden AS Barack Obama dan istrinya, Michelle Obama, telah membuat kesepakatan untuk memproduksi film dan serial untuk layanan streaming Netflix.

Di bawah nama Higher Ground Productions, pasangan Obama punya pilihan untuk memproduksi serial dengan atau tanpa skrip, film panjang atau dokumenter, kata Netflix dalam pernyataan seperti dikutip Reuters.

Barack dan Michelle akan terjun langsung untuk mengurus konten dan tampil secara personal di beberapa tayangan, sisanya mereka bertindak sebagai kurator, kata orang yang tahu tentang kesepakatan tersebut.

Kesepakatan dua tahun itu tidak diungkapkan detilnya, dan tayangan pertama baru akan tayang setelah Mei 2019.

Kesepakatan antara psangan Obama dan Netlix, yang punya 125 juta pelanggan di dunia, adalah yang pertama untuk orang yang pernah tinggal di Gedung Putih.

Perbandingan terdekat adalah mantan Wakil Presiden AS Al Gore, yang film dokumenter pemanasan global "An Inconvenient Truth" menang di Oscar 2007. Gore juga meluncurkan saluran televisi kabel untuk anak muda bernama Current TV pada 2005 namun dijual ke Al Jazeera pada 2013, lalu akhirnya ditutup.

Barack dan Michelle masih menutup mulut mengenai topik apa yang akan mereka angkat, namun kontennya diperkirakan tidak akan benar-benar tentang politik.

Barack Obama dalam pernyataan mengingat "orang-orang luar biasa" yang dia temui selama delapan tahun di kantornya, yang berakhir pada Januari 2017.

"Kami ingin mendorong dan memilih suara-suara berbakat, menginspirasi dan kreatif yang bisa mempromosikan empati dan pemahaman antar manusia yang lebih besar, juga membantu mereka berbagi cerita dengan seluruh dunia.

Chief Content Officer Netflix Ted Sarandos mengatakan dalam pernyataan bahwa pasangan Obama punya "posisi unik untuk menemukan dan menonjolkan cerita dari orang yang berdampak positif bagi orang sekitarnya dan berusaha membuat dunia lebih baik."

Kesepakatan dengan Obama juga menandakan salah satu kemampuan Netflix menarik orang-orang kelas atas dari studio tradisional Hollywood dan jaringan televisi.

Tahun lalu, Netflix menawarkan kesepakatan dengan Shonda Rhimes, perempuan di balik "Scandal" dan "Grey's Anatomy", juga pemenang Emmy Ryan Murphy yang membuat "Glee" dan menyutradarai serial televisi "American Crime Story".

Netflix, yang telah mengalokasikan dana 8 miliar dolar AS untuk program 2018, juga memproduksi film terbaru Martin Scorsese yang dibintangi Robert De Niro dan Al Pacino.

Baca juga: Obama dilaporkan akan punya acara di Netflix

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2018