Tawaran jadi dubes dari Donald Trump ditolak Senator Republik

Tawaran jadi dubes dari Donald Trump ditolak Senator Republik

Presiden Amerika Serikat Donald Trump. (REUTERS)

Washington (ANTARA News) - Tawaran Presiden Amerika Serikat Donald Trump kepada Senator Bob Corker untuk menjadi duta besar AS untuk Australia, ditolak oleh legislator Republik yang saat ini mengetuai Komisi Hubungan Luar Negeri Senat.

"Saya merasa posisi itu tidak cocok dan saya masih memiliki tugas untuk dikerjakahn di Senat," kata Corker kepada Reuters lewat telepon.

Sejak September 2016, AS tidak mempunyai duta besar untuk Australia, padahal negara ini adalah sekutu utama AS di Pasifik.  Negara ini menjadi mitra penting AS dalam berbagai isu, mulai dari masalah ekspansi militer Tiongkok, program nuklir Korea Utara, sampai konflik di Suriah dan Afghanistan.

Februari silam Trump menunjuk Panglima Komando Pasifik Laksamana Harry Harris untuk mengisi posisi tersebut, tetapi malah menggeser Harris ke posisi duta besar untuk Korea Selatan yang sudah lama lowong.

Corker sudah menyatakan akan pensiun dari Senat ketika masa enam tahun keduanya di badan legislatif AS itu berakhir Desember tahun ini.

Dia menyatakan Trump menawarkan posisi itu kepada dia tiga atau empat pekan lalu. Corker mengaku tidak pernah berada di Australia, demikian Reuters.

Baca juga: Trump berniat batalkan pertemuan dengan Kim Jong Un



 

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar