Jakarta (ANTARA News) - Tuan rumah Rusia baru mengumumkan 28 pemain yang masuk skuad sementara Piala Dunia 2018 sebelum batas waktu FIFA 4 Juni tentang skuad final berisi 23 pemain.

Berikut fakta-fakta mengenai Timnas Rusia menjelang Piala Dunia 2018 yang akan segera digelar mulai pertengahan bulan depan nanti, seperti dikutip Reuters:

Peringkat FIFA: 66 (sampai 7 Juni)

Turnamen sebelumnya:
Rusia sudah bermain tiga kali pada Piala Dunia sejak 1994, selalu tersingkir sejak fase grup dan terakhir terjadi pada turnamen ini edisi 2014 di Brasil.
Sebelum Rusia, Uni Soviet sudah tujuh kali berkiprah pada putaran final Piala Dunia dengan penampilan terbaik dicetak pada 1966 ketika maju ke semifinal untuk dikalahkan 1-2 oleh Jerman Barat.
Mereka maju ke perempatfinal edisi 1958, 1962 dan 1970, namun masing-masing takluk kepada Swedia, Chile dan Uruguay.

Pelatih: Stanislav Cherchesov
Mantan penjaga gawang ini sudah empat kali mengangkat trofi juara liga bersama Spartak Moscow dan tiga liga lainnya di Austria bersama FC Tirol Innsbruck setelah lama berkarir di sepak bola yang termasuk 39 kali memperkuat Timnas Rusia dan delapan penampilan untuk Uni Soviet.
Dia mengawali karir melatih di Austria, kemudian kembali ke negaranya untuk menangani Spartak dan Dynamo Moscow.
Dia pernah mengantarkan klub Polandia  Legia Warsaw merebut dua gelar sekaligus yakni juara liga dan sebuah piala pada 2015-2016 dan kemudian diumumkan sebagai pengganti Leonid Slutskya sebagai manajer Timnas Rusia pada 2016.
Dia tetap menjadi pelatih kendati tergusur dari Piala Konfederasi dengan hanya menempati urutan ketiga di bawah Portugal dan Meksiko.
Cherchesov sangat memprioritaskan pertahanan dengan memasang tiga bek yang dilapis lima gelandang.
Dia juga memiliki reputasi berani mengambil keputusan tidak populer, di antaranya saat mencampakkan gelandang bertahan Igor Denisov karena masalah di Dynamo Moscow.

Pemain kunci:
Fyodor Smolov:
Striker karismatis ini sudah dicoret pada awal karirnya setelah tampil mengecewakan di Feyenoord dan Anzhi Makhachkala tetapi kemudian bersinar lagi bersama Krasnodar untuk finis sebagai pencetak gol terbanyak kedua di Liga Utama Rusia.
dengan 12 gol dari 30 pertandingan internasional, dia menjadi andalan terbesar tuan rumah untuk lolos dari fase grup.
Igor Akinfeev: Bersama CSKA Moscow, penjaga gawang ini lebih banyak menciptakan clean sheet atau tidak kebobolan dibandingkan dengan pemain mana pun dalam sejarah divisi utama Rusia.
Kiper ini sudah lebih 100 kali memperkuat timnas sejak debutnya pada  2004 kendati pernah melakukan kesalahan tidak perlu saat melawan Korea Selatan dan Aljazair pada Piala Dunia terakhir yang membuat Rusia tersisih.
Aleksei Miranchuk: Playmaker ini adalah salah satu pemain penting Lokomotiv Moscow saat untuk pertama kalinya menjadi juara liga dalam 14 tahun terakhir, musim ini. Saudara kembar dari pemain Timnas Rusia bernama Anton ini adalah pemain yang paling kreatif dengan sentuhan yang dalam dan piawai menciptakan trik.

Performa:
Hasil terakhir Rusia tidak terlalu positif karena kalah delapan kali dari 18 pertandingan di bawah Cherchesov, dan hanya menang lima kali. Kebanyakan itu terjadi pada laga persahabatan dengan terakhir kalah dari Portugal dan Meksiko pada Piala Konfederasi, namun mengalahkan Selandia Baru.
Menang 4-2 dari Korea Selatan Oktober tahun lalu memberi mereka harapan tetapi sejak itu mereka menelan lima kekalahan. Mereka bangkit untuk seri 3-3 melawan Spanyol pada November dan dikalahkan 0-3 oleh Brasil dan 1-3 oleh Prancis.

Bagaimana mereka lolos: karena tuan rumah turnamen

Peluang:
Rusia terancam mengikuti jejak Afrika Selatan yang sewaktu menjadi tuan rumah edisi 2010 gagal maju ke babak berikutnya karena sudah terhempas di fase grup.
Skuad asuhan Cherchesova adalah pemain-pemain muda, tidak berpengalaman dan kebanyakan bermain di liga domestik sehingga belum teruji menghadapi lawan-lawan internasional.
Satu-satunya yang menguntungkan mereka adalah mereka satu grup dengan Uruguay, Mesir dan Arab Saudi di Grup A. Uruguay diperkirakan akan menjadi juara grup yang artinya Rusia akan bertarung dengan Mesir dan Saudi untuk memperebutkan satu jatah lagi ke 16 Besar.

Baca juga: Piala Dunia - Skuad empat negara penghuni Grup A


 

Pewarta: ANTARA
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018