Jakarta (ANTARA News) - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) berencana memanfaatkan ajang pameran otomotif akbar mereka, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, untuk mendeklarasikan kesiapan Indonesia menggunakan bahan bakar mesin (BBM) berstandard Euro4.

Hal itu diungkapkan Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi, di sela-sela konferensi praacara GIIAS 2018 di Jakarta, Selasa.

"Kami berencana mendeklarasikan Indonesia masuk ke Euro4 di dalam GIIAS kali ini," kata Nangoi.

Pun demikian, Nangoi belum mengungkapkan lebih lanjut mengenai waktu tepatnya deklarasi penggunaan Euro4 oleh Gaikindo tersebut serta kehadiran perwakilan pemerintah dalam momen tersebut.

"Mudah-mudahan ada perwakilan pemerintah dalam deklarasi ini," ujarnya.

Baca juga: GIIAS 2018 hadirkan inspirasi "Beyond Mobility"

Baca juga: Menperin: pelaku industri siap terapkan standar emisi Euro4

Baca juga: Penerapan Euro4, mobil baru dapat dispensasi 24 bulan


Deklarasi kesiapan Indonesia memasuki Euro4 tersebut, lanjut Nangoi, menjadi sesuatu yang cukup mendesak dilakukan mengingat Indonesia saat ini termasuk satu dari tiga negara terakhir yang masih menggunakan BBM berstandard Euro2.

"Kita tentu tidak mengharapkan mobil sebagai sumber bencana, dalam hal ini emisinya," pungkas Nangoi.

GIIAS 2018 akan berlangsung pada 2-12 Agustus di ICE BSD Serpong, Tangerang, maju dibandingkan pelaksanaan tahun sebelumnya demi mendukung pesta olahraga Asian Games 2018.
Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018