Dari data yang kami peroleh nahkoda KM tersebut atas nama Asun dengan total ABK sebanyak 18 orang."
Pontianak (ANTARA News) - Sejumlah muatan barang di Kapal Motor (KM) Lintas Bahari VIII terbakar saat bersandar di Dermaga Mataso, Gang Anggur, Kecamatan Pontianak Barat, kawasan Sungai Kapuas Pontianak, Selasa.

"KM Lintas Bahari VIII terbakar sekitar pukul 15.00 WIB, yang diduga dipicu oleh percikan api saat ABK KM tersebut sedang memotong besi dengan gergaji mesin," kata Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Pontianak Barat, Kompol Barmawis, di Pontianak.

Ia menjelaskan, pada saat ABK KM Lintas Bahari VIII memotong besi, tiba-tiba ada percikan api menyambar bahan kelontong jenis gabus sehingga menyebabkan kebakaran.

"Karena saat kejadian terjadi angin kencang, maka api semakin membesar, sehingga membakar barang apa saja yang mudah terbakar di KM tersebut," ungkapnya.

Ia mengemukakan, meski pun barang-barang yang ada di dalam KM tersebut terbakar, tetapi KM yang terbuat dari besi tersebut tidak ikut terbakar.

"Dari data yang kami peroleh nahkoda KM tersebut atas nama Asun dengan total ABK sebanyak 18 orang," ujarnya.

Ia menyatakan dalam kebakaran tersebut semua ABK selamat.

"Saya beserta Danramil Pontinak Barat, dan anggota KP3L langsung mendatangi lokasi kebakaran KM tersebut, dan tampak petugas pemadam kebakaran swasta sudah bahu-membahu memadamkan api tersebut," katanya.

Sejumlah pemadam kebakaran milik yayasan pemadam kebakaran (YBS) swasta terlihat ikut memadamkan kebakaran KM tersebut, diantaranya YBS Panca Bhakti, Merdeka, Sepakat, Bakti Sungai Beliung, Budi Pekerti, Sungai Rengas, dan YBS Sungai Jawi.

Pewarta: Andilala & Slamet Ardiansya
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2018