Jakarta (ANTARA News) - Biro perjalanan daring (online travel agent) Tiket.com menilai Pulau Jawa masih menjadi tujuan utama para pemudik saat libur hari raya Idul Fitri tahun ini.

"Mudik mayoritas masih di Jawa. Pertama Surabaya, lalu Yogyakarta," kata Chief Marketing Officer Gaery Undarsa, saat berbincang-bincang dengan media di Jakarta, Selasa.

Menurut Gaery, tujuan tersebut tidak banyak berubah dari tahun ke tahun, yang membedakan hanya momen liburan. Jika mudik dengan kereta, destinasi tersebut biasanya diikuti oleh kota Semarang.

Sementara itu, jika bertepatan dengan liburan anak sekolah, tujuannya menjadi ke Pulau Bali.

Berkaitan dengan pemesanan tiket perjalanan di platform mereka, Tiket.com mencatat pembelian tertinggi untuk tujuan kereta api adalah rute Jakarta-Surabaya, berlaku juga untuk tiket pesawat.

Gaery memperkirakan pemesanan tiket pesawat untuk musim mudik Lebaran tahun ini akan naik menjadi 200 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Untuk saat ini, Tiket.com mencatat pemesanan hotel meningkat sekitar 400 persen serta sewa mobil menjadi 300 persen dibandingkan saat musim mudik tahun lalu.

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018