Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Agama memperpanjang masa pengumuman proposal terpilih Madrasah Young Researcher SuperCamp 2018 (MYRES 2018) pada 4 Juni seiring banyaknya naskah yang masuk sehingga membutuhkan waktu penilaian.

"Semula akan diumumkan 21 Mei 2018. Namun karena membludaknya naskah yang masuk, maka pengumuman seleksi ditunda 4 Juni," kata Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kemenag Ahmad Umar, di Jakarta, Selasa.

MYRES 2018 merupakan lomba karya tulis ilmiah bagi para siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA). Tercatat,?lebih dari 600 proposal yang masuk dengan rincian bidang Sains Matematika dan Pengembangan Teknologi 378 proposal, bidang Sosial dan Kemanusiaan (203) dan bidang Ilmu Keagamaan (83).

"Setiap bidang kami akan memilih 15 proposal terbaik sehingga akan ada 45 proposal terpilih dari nantinya total??664 proposal," kata dia.

Dia mengatakan ajang tersebut menjadi sarana pembelajaran bagi siswa dalam menuangkan ide-ide dan gagasan kreatif yang dituangkan dalam tulisan sekaligus menumbuhkembangkan iklim dan budaya meneliti di kalangan pelajar madrasah.

Kegiatan SuperCamp, kata Umar, akan berlangsung selama 4 hari. Dalam kegiatan itu peserta akan diberi keterampilan merencanakan penelitian, pengambilan data, analisa data dan mengkomunikasikan penelitian. Kegiatan akan berlangsung setelah libur Hari Raya Idul Fitri bulan Juni.

"Setelah kegiatan SuperCamp, peserta akan dibimbing secara `online` selama 45 hari melalui grup khusus di media sosial. Peserta yang mengikuti kegiatan SuperCamp dan mentoring ini kemudian diwajibkan menyampaikan laporan penelitian selambat-lambatnya 31 Juli 2018," kata dia.

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018