Jakarta (ANTARA News) - Lomba lari Desari 10K menawarkan perlombaan yang digelar di jalan tol Depok-Antasari yang belum beroperasi dan juga nuansa budaya betawi di dalamnya.

"Event Desari 10K ini dikemas dengan pesta rakyat bernuansa Betawi untuk masyarakat sekitar jalan tol berupa kegiatan after race di race village yang bersifat hiburan dan juga sosial serta kulineran khas Betawi yang tujuannya tak lain adalah juga mengampanyekan pola hidup sehat," kata Ketua Pelaksana Desari 10K Alfie Dasaad di Jakarta, Rabu.

Alfie mengatakan perhelatan yang rencananya akan jatuh pada tanggal 8 Juli 2018 ini, selain menawarkan nuansa betawi sebagai daya tarik, juga menawarkan sajian panorama sepanjang lintasan di tol Depok-Antasari.

"Selain nuansa Betawi, perlombaan ini menawarkan dua pemandangan yakni Gunung Gede sebagai cerminan pedesaan saat start menuju ke arah selatan dan gedung-gedung tinggi sebagai cerminan perkotaan ketika berputar balik menuju garis finis," ujar Alfie.

Adapun pemegang hak konsesi jalan tol Desari yang membentang sepanjang 21,6 kilometer di tiga wilayah yakni Jakarta-Depok-Bogor, PT Cipta Waspphutowa, menyatakan perhelatan yang mereka inisiasi ini, sekaligus sebagai pengungkapan rasa syukur karena telah menyelesaikan konstruksi seksi 1A (Antasari-Brigif/Cinere).

"Kami menginisiasi acara ini dan mempersembahkannya pada pelari sebagai bagian dari rasa bangga dan syukur kami telah menyelesaikan konstruksi jalan tol Desari seksi 1A sepanjang 5,8 km yang diharapkan dengan tol ini akan mendukung aktivitas dan mobilitas warga sekitar serta dapat memberikan dampak peningkatan ekonomi," kata Direktur Utama PT Cipta Waspphutowa Djoko Saputro.

Dalam perlombaan yang dihelat di jalan tol tersebut, akan terbagi menjadi dua nomor yakni 10K serta 5K dengan posisi start dan finis di sekitar pintu tol kawasan Cilandak, Jakarta Selatan.

"Karena dilaksanakan di jalan tol, kami menyeting waktu start sendiri akan mulai pada pukul 5:30 WIB untuk nomor 10K dengan cut off time 2,5 jam dan nomor 5K akan dimulai pada pukul 5:45 WIB dengan cut off time 1,5 jam, selain itu akan ada stasiun air di tiga titik untuk 10K dan dua titik untuk 5K," kata Direktur Lomba Safrita Aryana.

Panitia sendiri menargetkan bisa menggaet sekitar 3.000 peserta perorangan nasional maupun internasional serta komunitas. pendaftaran sendiri telah dibuka melalui laman www.desari10k.com dengan menawaran diskon komunitas hingga 7 Juni 2018 mendatang denga besaran 10 persen bagi grup yang terdiri dari lima pelari dan 15 persen bagi grup dengan 10 pelari. 

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018