Empat Polda tipe B naik jadi tipe A

Empat Polda tipe B naik jadi tipe A

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto. (ANTARA/Hafidz Mubarak)

Jakarta (ANTARA News) - Empat polda tipe B naik menjadi polda tipe A berdasarkan keputusan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian.

"Polda yang naik tingkat jadi tipe A, yakni Polda Jambi, Kalsel, Kalteng dan NTB," kata Kadivhumas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto di Mabes Polri, Jakarta, Rabu malam.

Kenaikan tipe polda ini merujuk pada Keputusan Kapolri nomor: Kep/674 - 677/V/2018 tanggal 21 Mei 2018 tentang peningkatan tipe polda dari polda tipe B menjadi polda tipe A.

Setyo menjelaskan bahwa peningkatan tipe polda ini didasarkan pada pertimbangan jumlah ancaman daerah tersebut, luas wilayah dan jumlah penduduk.

Tujuan peningkatan tipe polda ini, lanjutnya, untuk meningkatkan pelayanan masyarakat. "Ujung-ujungnya adalah peningkatan pelayanan masyarakat," katanya.

Sebelum peningkatan tipe polda disetujui, keempat polda telah melalui serangkaian studi kelayakan peningkatan tipologi, di antaranya telah disurvei oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

"Ini prosesnya sejak tahun lalu, sudah disurvei oleh Kemenpan RB. Kalau belum memenuhi syarat, ya tidak akan disetujui," katanya.

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar