Jakarta (ANTARA News) - Sebagai bagian dari inisiatif transparansi global, Kaspersky Lab melakukan perubahan terhadap infrastrukturnya dengan memindahkan sejumlah prosesintinya dari Rusia ke Swiss.

Termasuk yang dipindahkan adalah penyimpanan data pelanggan, pemrosesan bagi beberapa kawasan, serta pembuatan perangkat lunak termasuk update deteksi ancaman siber.

Untuk memastikan transparansi dan integritas sepenuhnya, aktivitas ini diawasi oleh pihak ketiga independen yang berbasis di Swiss.

"Dalam industri yang berubah dengan cepat seperti perusahaan ini, kita harus beradaptasi dengan kebutuhan yang berkembang dari klien, para stakeholder dan mitra kami. Transparansi adalah salah satu kebutuhan tersebut, karena itu kami memutuskan untuk merancang ulang infrastruktur kami dan memindahkan fasilitas pemrosesandata kami ke Swiss," ujar CEO Kaspersky Lab, Eugene Kaspersky, dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta.

"Kami percaya langkah ini akan menjadi tren global untuk keamanan siber, dan menunjukkan kebijakan mengenai kepercayaan menjadi syarat utama bagi industri ini," sambung dia.

Langkah baru ini dimulai dengan pemindahan penyimpanan data dan pemrosesan untuk beberapa kawasan, serta relokasi pembuatan perangkat lunak dan membuka pusat transparansi pertama dari Kaspersky Lab.

Pada akhir tahun 2019, Kaspersky Lab akan mendirikan pusat data di Zurich. Pusat data ini akan menyimpan seluruh informasi pengguna dan melakukan pemrosesan untuk kawasan Eropa, Amerika Utara, Singapura, Australia, Jepang, Korea Selatan dan beberapa negara lainnya akan menyusul.

Kaspersky Lab juga akan merelokasi pembuatan perangkat lunaknya yang merupakan programming tool untuk membuat perangkat lunak siap pakai dari source code ke Zurich.

Sebelum akhir 2018, produk Kaspersky Lab dan database deteksi ancaman (AV database) akan mulai diproduksi dan disertai dengan tanda tangan digital di Swiss sebelum didistribusikan ke pelanggan di seluruh dunia.

Relokasi ini juga memastikan bahwa seluruh perangkat lunak yang baru dibuat mendapatkan verifikasi oleh organisasi independen dan telah melalui proses pembaruan yang sesuai dengan source code untuk nanti dapat diaudit.

Setiap source code dari produk Kaspersky Lab dan pembaruan perangkat lunak akan ditinjau oleh para stakeholder yang bertanggung jawab di Pusat Transparansi berlokasi di Swiss yang diharapkan akan resmi dibuka tahun ini.

Kaspersky Lab akan diawasi secara independen oleh pihak ketika yang memenuhi kualifikasi dalam teknis sebuah perangkat lunak.

Karena transparansi dan kepercayaan menjadi syarat universal di industry keamanan siber, Kaspersky Lab juga membuka kesempatan bagi organisasi nirlaba serta mitra lainnya untuk dapat berkontribusi di dalam setiap aktivitasnya.

Baca juga: Wannacry mirip operasi retasan Korea Utara

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2018