Jakarta (ANTARA News) - Bank Mandiri menyiapkan dana sebesar Rp57,26 triliun atau sekitar Rp1,9 triliun per hari untuk mengantisipasi kenaikan kebutuhan uang tunai pada Ramadhan dan menjelang Idul Fitri 1439 H.

Direktur Bisnis Kecil dan Jaringan Bank Mandiri, Hery Gunardi, di Plaza Mandiri, Jakarta, Kamis, mengatakan, alokasi dana tunai tersebut meningkat sekitar 90 persen dari jumlah yang disiapkan secara harian pada kondisi normal.

"Alokasi dana tunai yang disiapkan telah memperhitungkan kebutuhan dana untuk pembayaran gaji bulan Mei dan Tunjangan Hari Raya (THR) pada sekitar awal Juni," kata dia.

Ia menjelaskan Mandiri juga mengantisipasi dampak dari panjangnya rentang waktu cuti bersama musim Lebaran tahun ini, yakni sejak 11 Juni sampai 20 Juni 2018.

Ada pun antisipasi kebutuhan tunai ini diberlakukan selama 15 hari kerja pada 22 Mei sampai 20 Juni 2018.

Khusus pada mesin ATM, Bank Mandiri juga meningkatkan ketersediaan uang tunai menjadi Rp1 triliun per hari, dari sekitar Rp900 miliar per hari untuk mengantisipasi tingginya kebutuhan dana saat cuti bersama.

Dari jumlah itu, sebesar 40 persen akan didistribusikan di wilayah Jabodetabek, sementara 60 persen lainnya akan disalurkan ke kota-kota besar di luar Jabodetabek, di antaranya Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya dan Bali.

Hery menambahkan, Bank Mandiri akan menyiapkan jaringan lT secara optimal untuk memastikan seluruh operasional channel pembayaran elektronik lain, di antaranya jaringan ATM, SMS Banking, Mandiri Mobile, Mandiri Online, dan Mandiri Call 14000, tetap terjaga dengan membentuk tim monitoring IT yang selalu siaga selama liburan.

Saat ini, nasabah dapat melakukan transaksi melalui 17.429 mandiri ATM. Selain itu nasabah juga dapat memanfaatkan lebih dari 60.000 jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus.

Seluruh layanan perbankan 24 jam ini menyediakan sarana yang memungkinkan nasabah bertransaksi dengan nyaman seperti lnformasi rekening, Transaksi Transfer, Transaksi Pembayaran Listrik, Air, Telepon/Handphone, Kartu Kredit, Tiket Pesawat dan Kereta Api, Pajak, Pendidikan, Asuransi, Televisi Berlangganan, Internet, Pembelian isi ulang Pulsa.

Untuk membantu masyarakat melakukan penukaran uang kecil, Bank Mandiri juga menyiapkan 3 unit Mandiri Mobil (Mamo) untuk melayani penukaran uang di kawasan Monas secara bergantian pada 21-25 Mei 2018.

Pewarta: Mentari Gayati
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018