counter

Mensos bangkitkan semangat penderita HIV perbaiki hidup

Mensos bangkitkan semangat penderita HIV perbaiki hidup

Menteri Sosial Idrus Marham. (ANTARA/Desi Purnamawati)

Sukabumi (ANTARA News) - Menteri Sosial Idrus Marham memberikan motivasi kepada para penderita HIV yang direhabilitasi di Panti Sosial Rehabilitasi Sosial ODHIV Kahuripan Sukabumi, Jawa Barat, untuk semangat memperbaiki hidup.

"Kita semua pernah salah maka bertaubat dan tidak mengulangi lagi. Kita harus perbaiki hidup kita dan menjemput masa depan yang lebih baik," kata Mensos di PSRS ODHIV kahuripan Sukabumi, Jumat.

Idrus juga menyampaikan pesan agar penderita HIV tidak berkecil hati setelah keluar dari panti dan mengingatkan kepada masyarakat agar tidak menstigma serta menerima kembali mereka.

Dia menyebutkan ada empat fungsi dari panti tersebut yaitu pertama fungsi kesehatan, untuk memastikan mereka bisa pulih kembali.

Fungsi kedua adalah fungsi sosial untuk memastikan mereka bisa kembali hidup normal di tengah masyarakat. Fungsi ketiga, yaitu fungsi psikologis agar mengembalikan kepercayaan diri mereka.

"Saudara-saudara beruntung berada disini karena Allah SWT masih mengingatkan. Anda harus bersyukur karena cepat-cepat diingatkan dan lebih bersyukur lagi dibina disini kalau tidak di luar terlunta-lunta," ujar Mensos.

Fungsi ke empat adalah keterampilan. Panti Kahuripan memberikan pelatihan keterampilan kepada penderita HIV sebagau bekal hidup mereka untuk berusaha dan mandiri setelah keluar dari panti.

Setiap tahun PSRS ODHIV Kahuripan merehabilitasi 70 orang penderita HIV dalam dua tahap. Setiap tahap berlangsung enam bulan diikuti sebanyak 35 orang.

Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Kemensos Edi Suharto mengatakan saat ini di Kemensos memiliki tiga unit panti rehabilitasi Orang Dengan HIV (ODIVH) yaitu di Medan, Ternate dan Sukabumi.

Bahkan Indonesia merupakan satu-satunya negara yang memiliki panti rehabilitasi ODHIV.

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Idrus Marham akui kenal Samin Tan

Komentar