Jakarta (ANTARA News) - PT Astra Honda Motor (AHM) memprediksi adanya pertumbuhan penjualan sebesar 15-20 persen pada bulan Ramadhan hingga hari Raya Idul Fitri atau periode Mei-Juni 2018, dibandingkan total penjualan pada periode yang sama di tahun lalu.

"Bisa tumbuh 15-20 persen. Kalau Ramadhan bisa 20 persen dibanding tahun lalu ya. Periode Mei-Juni," kata Direktur Pemasaran AHM Thomas Wijaya di Jakarta Selatan, Jumat.

Mengacu data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) 2017, total distribusi Honda motor pada Mei sebanyak 394.751 unit dan  263.854 unit pada Juni.

Thomas Wijaya mengatakan kenaikan penjualan akan terjadi hampir di seluruh segmen kendaraan Honda, kendati model yang kemungkinan paling diminta adalah tipe skutik Honda BeAT dan Vario Techno.

Baca juga: Honda lego 911 sepeda motor di IIMS 2018

"Hampir semua, tapi segmen-segmen di BeAT dan Vario Techno, dan beberapa motor bebek juga mengalami kenaikan," katanya kemudian menambahkan bahwa segmen motor sport juga akan bertumbuh meski tidak signifikan.

Secara umum, Thomas kemudian menjabarkan beberapa faktor yang membuat pasar sepeda motor akan bertumbuh pada tahun ini, mulai dari kondisi perekonomian yang stabil hingga harga pangan dan komoditas yang terkendali.

Khusus periode Ramadhan dan Lebaran, Thomas mengatakan, kebijakan pemerintah terkait pemberian tunjangan hari raya (THR) dan gaji ke-13 diharapkan akan membuat pasar menjadi lebih baik.

Baca juga: Ekspor motor Honda melonjak pada triwulan pertama 2018
Pewarta:
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018