Cibinong, Jawa Barat (ANTARA News) - Persija Jakarta menundukkan Persipura Jayapura 2-0 dalam laga lanjutan Liga 1 2018 di Stadion Pakansari, Cibinong, Jawa Barat, Jumat.

Kedua gol dalam pertandingan tersebut dicetak oleh penyerang asal Kroasia Marko Simic di menit kedelapan dan Novri Setiawan di menit ke-78.

Bagi Persija, ini adalah kemenangan pertama dari lima laga terakhir setelah empat pertandingan sebelumnya, masing-masing di Piala AFC 2018 dan dua di Liga 1 2018, selalu kalah. Sementara untuk Persipura, ini merupakan kekalahan ketiga dari 10 laga Liga 1 yang sudah dilewati.

Adapun dalam laga pekan kesepuluh Liga 1 2018 itu, kedua tim tampil saling menekan sejak awal laga. Persipura mendapatkan peluang pertama di menit ketujuh melalui tendangan bebas Hilton Moreira, tetapi gagal menjadi gol karena hanya membentur mistar gawang.

Satu menit setelahnya, Persija membalas menekan dan berhasil mencetak gol perdana di laga tersebut.

Gol diawali dari pergerakan Riko Simanjuntak di sisi serang kanan Persija. Riko berhasil berlari lebih cepat dari bek lawan dan menyodorkan bola ke Marko Simic yang berdiri bebas.

Nama terakhir pun leluasa menendang bola ke gawang Persipura dan membuat skor menjadi 1-0.

Tim Mutiara Hitam, julukan Persipura, tersengat dan berusahan mencetak gol penyeimbang. Di menit ke-20, sundulan gelandang Persipura Muhammad Tahir melambung di atas gawang Persija yang dikawal Daryono.

Lalu empat menit kemudian, penyerang Boaz Solossa gagal mendapatkan peluang emas menorehkan gol. Sayang, sundulannya dihalau pemain Persija persis di bibir gawang.

Persija sendiri memiliki kesempatan memperbesar skor di menit ke-43, tetapi tendangan Marko Simic berhasil diblok penjaga gawang Persipura Dede Sulaiman.

Sampai peluit tanda memasuki masa jeda dibunyikan wasit Prasetyo Hadi, tak ada gol lain tercipta dan skor pun tetap 1-0 untuk keunggulan sementara Persija.

Di babak kedua, Persija Jakarta terus berupaya menambah skor. Memasuki tujuh menit babak kedua, Marko Simic mendapatkan ruang tembak di jarak dekat tetapi bola hasil sepakannya berhasil ditangkap kiper Persipura Dede Sulaiman.

Pada menit ke-64`, giliran bek Addison Alves menggoresan kesempatn emas. Namun, tendangannya memanfaatkan kesalahan bek Persipura, melebar.

Gol kedua Persija baru datang di menit ke-78. Lewat serangan balik cepat, Novri Setiawan yang menyisir dari sisi serang kiri Persija sukses melewati penjagaan pemain Persipura dan dengan tenang melewatkan bola dari sela kaki kiper Dede Sulaiman untuk mengubah kedudukan menjadi 2-0.

Persipura hampir saja memperkecil kedudukan andaikan tendangan keras gelandang Persipura Prisca Elisa Womsiwor tak membentur tiang gawang di menit ke-85.

Skor 2-0 tak berubah hingga menit terakhir laga dan Persija berhak atas tiga poin.

Berikut susunan pemain kedua tim.

Persija: Daryono, Ismed Sofyan (kapten), Jaimerson da Silva, M. Rezaldi Hehanusa, Maman Abdurrahman, Novri Setiawan (88`, Frengki Pare Kogoya), Riko Simanjuntak, Rizky Ramdani Lestaluhu (69` Rohit Chand), Sandi Sute, Addison Alves (81`, Asri Akbar), Marko Simic.

Cadangan: Muhammad Rizky Darmawan, Dany Saputra, Vava Mario Yagalo, Asri Akbar, Frengki Pare Kogoya, Rohit Chand, Bambang Pamungkas.

Persipura: Dede Sulaiman, David Kevin (59`, Boas Atururi), Muhammad Tahir, Ricardo Salampessy, Yohanis Tjoe, Yustinus Pae, Ian Louis Kabes, Imanuel Wanggai (59`, Prisca Elisa), Boaz Solossa (kapten), Hilton Moreira, Marcel Sacramento (79`, Ronaldo Rubener).

Cadangan: Fitrul Dwi, Andi Ibo, Boas Atururi, Elisa Yahya, Gosner Papua, Prisca Elisa, Ronaldo Rubener.

Pewarta: Michael Teguh Adiputra S
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018