Washington (ANTARA News) - Fiat Chrysler mengumumkan pada Jumat (25/5) akan menarik 4,8 juta kendaraan di Amerika Serikat atas kerusakan sistem cruise control yang tidak bisa dinonaktifkan, memperingatkan pemiliknya agar tidak menggunakan fitur itu sebelum proses penarikan selesai.

Pabrikan mobil asal Italia-Amerika itu mengatakan belum menemukan kecelakaan dan cedera terkait kerusakan cruise control, kendati ada satu laporan dari pengemudi Dodge Journey produksi 2017 yang mengaku tidak bisa mematikan fitur tersebut.

Cruise control merupakan sistem elektronik yang berfungsi menjaga kecepatan kendaraan secara konstan. Fiat Chrysler tidak mengungkapkan jumlah biaya yang akan ditanggung perusahaan atas penarikan massal ini.

Penarikan kendaraan yang disebut Fiat Chrysler sebagai "peristiwa yang tidak mungkin" itu disebabkan fungsi cruise control yang tidak bisa dimatikan. Perusahaan mengatakan pengemudi bisa menonaktifkan sistem dengan cara menekan rem sampai kendaraan berhenti atau menghentikan kendaraan dengan memindahkan persneling ke posisi netral.

Baca juga: Porsche diminta tarik 60 ribu SUV karena masalah emisi

Fiat Chrysler mengatakan cruise control bekerja otomatis untuk membantu kendaraan mempertahankan kecepatan yang ditentukan pengemudi, termasuk saat menanjak. Namun apabila akselerasi terjadi bersamaan dengan arus pendek dari jaringan listrik tertentu, maka pengemudi tidak dapat menonaktifkan fitur itu.

Penarikan kembali itu melibatkan model-model kendaraan berbahan bakar bensin dengan transmisi otomatis yang dirakit tahun 2014-2018, yaitu Chrysler 200, Chrysler 300, Chrysler Pacifica, Dodge Charger, Dodge Challenger, Dodge Journey, Dodge Durango, Cherokee, Grand Cherokee, Wrangler dan Ram 1500, 2500 dan 3500 truk pickup, juga Ram 3500/4500/5500 kabin bersasis truk.

Baca juga: BMW perluas penarikan mobil di Inggris

Perusahaan itu juga menarik sejumlah kendaraan dari Kanada, Meksiko, dan pasar lainnya, dan menarik Fiat Fremont yang dibangun di atas platform yang sama dengan Dodge Journey.

Perusahaan memperingatkan pemilik agar tidak menggunakan cruise control sampai penarikan selesai.

"Meskipun keadaan luar biasa yang harus ada sebelum pelanggan mengalami masalah, kami mengambil tindakan ini karena kami sepenuhnya berkomitmen untuk keselamatan kendaraan," kata Mark Chernoby, kepala teknis Fiat Chrysler, dalam sebuah pernyataan dilansir Reuters.

"Kami bisa memperbaiki dan luasnya jaringan dealer yang terlibat sedang mempersiapkan untuk memberikan layanan... Kami mendorong pelanggan untuk mengikuti petunjuk dalam pemberitahuan recall," tambahnya.

Fiat Chrysler menyatakan penarikan gratis ini akan dimulai pekan depan, demikian Reuters.

Baca juga: Ford tarik ratusan ribu F-150 karena masalah transmisi

 
Penerjemah:
Copyright © ANTARA 2018