counter

Harvey Weinstein dibebaskan dengan jaminan 1 juta dolar

Harvey Weinstein dibebaskan dengan jaminan 1 juta dolar

Mantan produser film sekaligus co-founder Miramax Films Harvey Weinstein bersama istri Georgina Chapman di penghargaan Academy Awards ke-82 di Hollywood (7/3/2010) ( REUTERS/Brian Snyder)

Jakarta (ANTARA News) - Mantan produser film kenamaan Hollywood Harvey Weinstein dibebaskan dari tahanan dengan uang jaminan 1 juta dolar AS setelah dituduh di New York dengan sangkaan pemerkosaan dan kejahatan seks.

Weinstein (66) juga setuju mengenakan pelacak GPS dan menyerahkan paspornya ke polisi begitu menyerahkan diri ke polisi, Jumat waktu AS.

Dia membantah melakukan kejahatan seks, sedangkan pengacaranya akan mengajukan pembelaan tidak bersalah untuk kliennya itu.

Aktris Rose McGowan, yang menuduh Weinstein telah memperkosanya, berkata kepada BBC bahwa hari ini adalah hari yang istimewa untuk para korban pelecehan seksual.

"In momen yang sangat penting, ini tamparan nyata terhadap wajah penyalahgunaan kekuasaan. Ini adalah awal dari proses itu dan jika kami bisa melaluinya sampai akhir, saya harap kami mencapai kemenangan," kata McGowan dalam laman BBC.

Tuduhan kejahatan seks terhadap produser film ini memicu gerakan #MeToo yang secara lebih luas memburu para pelaku pelecehan dan kejahatan seks di mana pun, termasuk tokoh-tokoh dalam industri hiburan, politik dan bisnis.

Baca juga: Harvey Weinstein segera diadili



 

Pewarta: ANTARA
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar