Harvey Weinstein diborgol

Harvey Weinstein diborgol

Patung Harvey Weinstein karya Plastic Jesus dipajang di dekat Hollywood Boulevard dekat Dolby Theatre saat persiapan Oscars di Hollywood, Los Angeles, California, AS. 1 Maret 2018. (REUTERS/Lucy Nicholson)

Jakarta (ANTARA News) - Jaksa wilayah New York menyatakan bahwa produser film Harvey Weinstein telah didakwa dengan dua tuduhan pemerkosaan dan satu kejahatan seksual yang melibatkan dua wanita yang tidak diidentifikasi.

Mantan produser film kenamaan Hollywood itu baru saja mendapatkan penangguhan penahanan dengan uang jaminan 1 juta dolar AS setelah dituduh di New York dengan sangkaan pemerkosaan dan kekerasan seks.

Dia tiba di sebuah kantor polisi di Manhattan pagi hari waktu setempat dengan membawa tiga buku. Setelah difoto dan diambil sidik jari, dia dibimbing ke luar dengan tangan terborgol untuk dibawa ke pengadilan.

Di pengadilan, jaksa penuntut Joan Illuzzi menyatakan mantan bos studio itu "telah memanfaatkan posisi, uang dan kekuasaannya untuk memancing wanita-wanita muda ke dalam situasi di mana dia bisa memaksa mereka secara seksual."

Di luar pengadilan, pengacara Weinstein, Ben Brafman, berkata kepada wartawan bahwa kliennya akan mengajukan tidak bersalah.

Sebaliknya Kepolisian Daerah New York mengeluarkan pernyataan terima kasih polisi kepada para penyintas nan pemberani itu untuk maju bersaksi menuntut keadilan, demikian BBC.

Baca juga: Harvey Weinstein dibebaskan dengan jaminan 1 juta dolar

 

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar