Jakarta (ANTARA News) - Kedutaan Besar United Arab Emirates (UAE) menggandeng Aksi Cepat Tanggap (ACT) untuk berkolaborasi berbagi paket sembako kepada masyarakat yang membutuhkan di wilayah Jakarta.

"Pemberian bantuan pokok untuk Ramadhan merupakan program kerjasama pertama dengan Kedutaan Besar UAE," ujar Vice President Communication Network Department ACT, Iqbal Setyarso, kepada Antaranews, di Jakarta, Sabtu.

Bantuan sembako tersebut diberikan kepada warga RW 04 dan RW 10 Kampung Muka, Ancol, Jakarta Utara.

"Di sini merupakan kampung terpadat di DKI Jakarta. Selain itu, kami sudah beberapa kali mengadakan acara di sini. Bisa dibilang juga di sini merupakan daerah binaan ACT," kata Iqbal.

Bantuan sekitar  setengah ton (4,900 kilogram) paket kebutuhan pokok ini untuk memenuhi kebutuhan 700 kepala keluarga selama bulan Ramadhan.

Paket sembako yang diberikan terdiri dari beras, gula pasir, terigu, botol sirup, Teh, minyak goreng, kopi Bubuk dan mie instan.

Kartini (38), warga Kampung Muka, mengaku senang mendapat paket bantuan sembako. "Kemarin dapat informasi, lalu daftar pakai fotocopy KTP. Paket sembako ini sangat membantu," ujar dia.
Vice President Communication Network Department ACT, Iqbal Setyarso (dua dari kiri) bersama Wakil Duta Besar UAE untuk Jakarta Indonesia, Walid Murad Darwish Alraeesi (ketiga dari kiri) berbagi paket sembako kepada masyarakat yang membutuhkan di wilayah Jakarta, Sabtu (26/5/2018). (ANTARA News/Arindra Meodia)


Kerjasama ini sebagai langkah awal untuk mempererat hubungan ACT dan UAE serta mempererat tali persaudaraan sesama saudara muslim, dan kerjasama dalam bidang yang lain akan dilakukan antara ACT dan Kedutaan Besar UAE.

"Tujuan dari pembagian ini sama sekali tidak ada nilai politis. Ini adalah ikhlas amal bakti," ujar Walid Murad Darwish Alraeesi, Wakil Duta Besar UAE untuk Jakarta Indonesia.

Selain Indonesia, Walid Murad mengatakan bahwa Keduataan Besar UAE juga melakukan kegiatan yang sama di beberapa negara di Eropa.

"Kalian akan bertanya kenapa di Inggris dan Italia karena di sana terdapat komunitas kaum muslimin, sehingga dengan ini kami berharap mereka dapat merasakan kedekatan kaum muslimim," kata dia.

Sementara itu, pada Ramadhan 1439 Hijriyah, ACT memiliki berbagai program untuk membahagiakan para fakir-miskin di tanah air dan penjuru dunia.

Untuk di Indonesia, program Buka Bersama Jakarta Bahagia (BBJB) yang penerima manfaatnya sebanyak  223 RW miskin dan padat se-Jakarta dan Food Truck 1.000 porsi ifthar per hari.

Tidak hanya itu, Kapal Ramadhan yang akan berlayar pada 30 Mei 2018 ke pulau-pulau terpencil di Indonesia akan membawa bantuan pokok pangan.

Untuk di luar negeri,  program-programnya adalah ifthar, paket pangan,  Eid Gift untuk Rohingya, Palestine, Syiria, Somalia, Yaman.
 

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018