Uni Eropa diminta danai startup teknologi

Uni Eropa diminta danai startup teknologi

Bendera Uni Eropa (REUTERS/Paul Hackett/File Phot)

Brussels (ANTARA News) - Prancis dan Jerman mendorong inisiatif Uni Eropa untuk mendanai inovasi dan riset perusahaan rintisan agar Eropa dapat berkompetisi dengan negara lain, seperti China dan Amerika Serikat.

Kedua negara tersebut meminta Dewan Inovasi Eropa untuk mendanai startup teknologi yang “ambisius”, dalam sebuah berkas yang ditujukan pada para pemimpin UE di pertemuan di Balkan pekan lalu.

“Usaha gabungan juga diperlkan untuk memperbaiki lingkungan permodalan dan regulasi demi mendukung keberhasilan inovasi, begitu juga dengan pendanaan dan pertumbuhan perusahaan teknologi di Eropa,” demikian bunyi keterangan dalam berkas tersebut, seperti yang dilihat oleh Reuters.

Menurut laporan tersebut, pendanaan bertujuan untuk terobosan baru dalam dunia sains serta membuka jaringan untuk masuk ke negara-negara Eropa.

Prancis sudah menjanjikan akan mengeluarkan 1,5 miliar euro untuk kecerdasan buatan pada 2022 agar dapat sejajar dengan perusahaan raksasa di AS dan China.

Berlin dan Paris ingin proyek ini fokus pada teknokrat di kalangan akdemisi, juga di kalangan wirausaha.

Jika dibandingkan dengan AS, Eropa tergolong lambat dalam mengembangkan teknologi baru. Eropa terkenal memiliki budaya tidak mau mengambil risiko.

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar